Program Studi

Pusat Pendidikan Teknik Kimia Berbasis Riset dan Bereputasi Internasional

Teknik Kimia merupakan cabang ilmu teknik yang menyangkut pengembangan dan penggunaan proses pembuatan beberapa bahan yang mengalami perubahan secara fisis ataupun kimiawi dalam skala besar.

Pada awalnya pemahaman tentang Teknik Kimia ditekankan pada proses-proses perubahan yang berlangsung dari bahan baku menjadi suatu produk dimana dapat dinyatakan dalam satuan operasi fisis dan satuan operasi kimia. Kedua satuan tersebut selanjutnya menjadi acuan dalam kurikulum Teknik Kimia. Adapun beberapa proses yang dapat dinyatakan dalam satuan operasi adalah Proses Perpindahan Panas, Pengeringan, Ekstraksi, Absorbsi, distilasi dan lainnya. Sedangkan proses yang dinyatakan dalam satuan proses adalah peristiwa dimana bahan-bahan dapat diubah dari satu bentuk kimiawi menjadi bentuk kimiawi lainnya dengan proses terjadinya reaksi kimia. Secara umum teknik kimia merupakan ilmu/ metode yang merancang dan mengoperasikan secara optimal dan safe suatu pabrik/ peralatan proses untuk merubah bahan baku melalui transformasi secara fisis, kimia atau biologis, menjadi nilai ekonomis, sosial dan ramah lingkungan.

Dalam industri kimia, bahan baku akan diubah menjadi produk atau bahan yang memiliki nilai tambah dengan perubahan komposisi material secara kimia (reaksi) dan perubahan secara fisis (pencampuran, pemurnian, pemisahan, perubahan ukuran dan lainnya). Untuk melakukan ini, sarjana teknik kimia perlu mengerti bagaimana prinsip kerja proses-proses baik skala kecil (laboratorium) maupun skala besar (industri).

Berita

APAKAH YANG MENJADI MINAT ANDA?

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.