News

Abdimas DTKI kepada UMKM POMOSDA Menuju Sertifikasi Halal

Rab, 09 Sep 2020
12:18 pm
Informasi
Share :
Oleh : tkiadmin   |

 

Nganjuk, DTKI – Kata “halal” sudah bukan merupakan suatu kata yang asing di telinga masyarakat Indonesia, mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam membuat kebutuhan akan jaminan label halal pada suatu produk menjadi salah satu kewajiban. Pada saat ini sudah banyak sekali produk UMKM yang bermunculan, namun kesadaran untuk melakukan sertifikasi halal masih rendah. Sertifikasi halal ini sebenarnya sangat sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM sebagai nilai tambah produk, jaminan mutu produk, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan mendapatkan akses pasar global.

Dalam rangka Abdimas (Pengabdian pada Masyarakat), Departemen Teknik Kimia Industri, Fakultas Vokasi-ITS Surabaya, melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Modern Sumber Daya At-Taqwa (POMOSDA), Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk untuk melaksanakan pembinaan 5 produk UMKM Koppontren Taliati Jawatan POMOSDA agar bersertifikasi halal produknya diantara lain yaitu Beras Sehat Organik, Sokolat (Cokelat Daun Kelor), Akar Tanjung (Minuman serbuk dari bahan alami), Marasake (Minuman Serbuk) Kacang Hijau dan Kedelai.

Dalam sambutannya, Bapak Irawan Arifianto Wardhana selaku pimpinan UMKM, menyampaikan bahwa POMOSDA mampu memenuhi kebutuhan dari pondok mereka sendiri dengan sumber daya yang dimiliki, meskipun belum tersertifikasi halal, namun produk yang di produksi sudah diproses dengan SOP yang ketat.

Ibu Niniek Fajar Puspita, selaku Kepala Departemen Teknik Kimia Industri (DTKI) FV-ITS Surabaya, menyampaikan bahwa kedepan DTKI akan menjadi “katalis” agar seluruh produk POMOSDA dapat segera menyandang sertifikasi halal. Selain itu, pendampingan sekaligus pembinaan ini diharapkan dapat membangun networking antara POMOSDA dengan DTKI.

Dalam sesi materi, quiz, dan diskusi singkat mengenai urgensi halal yang disampaikan oleh Bapak Daril Ridho Zuchrillah (salah satu Dosen DTKI) tentang perlunya mengetahui proses produksi lebih lanjut. Hal ini bisa dilakukan visitasi bersama dosen dan mahasiswa, terkait penelusuran alat, bahan dan langkah produksi, sehingga diharapkan memperoleh output yang lebih baik kedepannya. (YP-17)

 

Latest News

  • Abdimas DTKI kepada UMKM POMOSDA Menuju Sertifikasi Halal

      Nganjuk, DTKI – Kata “halal” sudah bukan merupakan suatu kata yang asing di telinga masyarakat Indonesia, mayoritas penduduk

    09 Sep 2020
  • Opening Ceremony Dies Natalis ITS ke-60

    Levitra 30 mg Gatsby fonctionne sans serveur et l’enquête a porté sur vardenafil 20 mg prix inhibiteurs de la

    09 Sep 2020
  • Job Entrance Training (JET) Mahasiswa DTKI FV-ITS

    Surabaya, DTKI – Pandemi COVID-19 masih belum usai tetapi hal itu tak menyurutkan Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Industri

    07 Sep 2020