Program Diploma Tiga Teknologi Sipil

Program Diploma Tiga Teknologi Sipil

Diploma Tiga

Program Diploma Tiga Teknologi Sipil berada di bawah Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Diploma Tiga mempunyai kurikulum berbasis terapan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang ahli dan terampil dalam bidang pembangunan infrastrukturdan diharapkan  menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan bidang teknik sipil terapan. Mahasiswa Diploma Tiga Teknologi Sipil disiapkan menjadi manusia yang terampil dalam merancang dan menganalisis pengembangan proyek dalam konteks infrastruktur, proses dan prosedur, serta tak lupa sumber daya manusia dan budaya, dan kebijakan dan regulasi. Para mahasiswa juga disediakan dengan kemampuan keterampilan dasar dan kemajuan dalam penerapan penggunaan sofware manajemen pengendalian proyek.

Kurikulum

Kurikulum Diploma Tiga Teknologi Sipil didesain menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai asisten engineer perencana, pelaksana, dan pengawas, bangunan sipil sederhana untuk jenis bangunan seperti jalan, jembatan, gedung, dermaga, bangunan keairan dan drainase. Untuk dapat mencapai kompetensi tersebut, maka capaian tingkat kompetensi mahasiswa yang dicapai sebagai berikut:

  • Tahun ke-1: Kemampuan menggambar teknik, berbahasa, pengetahuan basic science, agama, dan nasionalisme.
  • Tahun ke-2: Kemampuan melakukan surveying dan testing material sesuai standard SNI / Standard internasional yang diadopsi, dasar perencanaan bangunan sipil sederhana.
  • Tahun ke-3: Kemampuan rencana anggaran biaya, metode pelaksanaan, dan desain bangunan sipil sederhana, serta aspek hukum pada konstruksi.

Mata Kuliah

Program pendidikan Diploma Tiga Teknologi Sipil Fakultas Vokasi  ITS mencakup tiga bidang bangunan sipil yaitu:

  • Bangunan Air
    Lulusan mempunyai kompetensi dibidang bangunan air, seperti: waduk, bendung, drainase, bangunan irigasi, bangunan pengendali banjir, dan air bersih.
  • Transportasi
    Lulusan mempunyai kompetensi dibidang bangunan transportasi, seperti: konstruksi jalan, jembatan, dan dermaga serta sarana lalu-lintas.
  • Bangunan Gedung
    Lulusan mempunyai kompetensi dibidang bangunan gedung, seperti gedung sederhana, gedung bertingkat, gudang, baik berbahan beton maupun baja.

Silabus Diploma Tiga Teknologi Sipil