Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi

Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi

Laboratorium ini bertujuan untuk melakukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan sistem kerja yang yang Efektif, Aman, Sehat, dan Efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja manusia. Sistem kerja yang efektif, Aman, Sehat dan Efisien ini terbentuk dari perancangan terhadap sistem kerja yang Baik dalam artian memenuhi aspek ergonomis terhadap lingkungan kerja yang ada. Dimana pengertian efektif dan efisien ini yaitu mampu mengurangi aktivitas-aktivitas non-produktif (mis: material handling, delay, dsb).

Kegiatan yang dilakukan dan difasilitasi oleh laboratorium antara lain praktikum Aplikasi Perancangan Kerja. Dimana praktikum tersebut dilikuti oleh Mahasiswa reguler dan ekstensi Jurusan Teknik Industri. Praktikum ini dilakukan secara rutin tiap semester. Selain praktikum, kegiatan Laboratorium E & PSK yang lain yaitu pelaksanaan pelatihan/Workshop QFD in Product Design & Development With ISO 9001:2000 , selain itu Laboratorium E & PSK dalam beberapa tahun kedepan berencana menyelenggarakan beberapa pelatihan diantaranya bidang-bidang aplikatif yang banyak diminati dan pengiriman beberapa karya tulis secara rutin sekaligus mempresentasikannya dalam Seminar Ergonomi Nasional yang dilaksanakan tiap tahun serta pengiriman karya tulis dalam Seminar Facility Planning . Selama tahun 2004 ini, Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja telah mengirimkan beberapa karya tulis dalam berbagai seminar yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Fasilitas Laboratorium yang dimiliki oleh Lab. E & PSK antara lain: ruang Laboratorium yang terletak di kampus kota ruang TI-109 berukuran ± 9 m x 9 m dan juga ruang simulasi Human Error yang berukuran 3 m x 3 m.

Daftar Dosen Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja