Agenda

Pembekalan Calon Wisudawan 2020

Fri, 31 Jan 2020
8:48 am
Agenda
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geomatika   |

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dari Ikatan Alumni Departemen Teknik Geomatika ITS di bidang edukasi alumni, maka pada hari hari Rabu (30/01/2020) pukul 08.30 – 11.00 WIB diselenggarakan acara “Pembekalan Calon Wisudawan Geomatika ITS” yang bertempat di Ruang di Ruang GM 103 Kampus ITS Sukolilo.

Diawali dengan sambutan dari Kepala Departemen Teknik Geomatika Danar Guruh Pratomo, ST, MT, Ph.D , sesi pembekalan Pak Danar, sapaan akrab beliau, dimulai dengan pertanyaan sederhana apa yang ingin dilakukan ketika sudah lulus. Bagi para calon wisudawan hal ini menarik karena dengan banyaknya keinginan yang ingin diwujudkan ketika sudah lulus, penting untuk menata prioritas apa yang ingin dikejar dan diwujudkan terlebih dahulu. Apakah itu keingingan untuk bekerja, melanjutkan studi magister, bahkan keinginan menikah serta berkeluarga harus ditata. Materi berlanjut, setelah memupuk banyak keinginan dan menatanya lalu apa yang harus disiapkan? Pak Danar menjelaskan pentingnya membuat rencana yang matang, beliau menyontohkan untuk membuat peta hidup, list aktivitas dan target-target perusahaan atau universitas yang ingin dituju. Memasuki sesi dunia kerja, Pak Danar bercerita banyak hal mengenai pengalamannya ketika menjadi Dosen di Kampus ITS Tercinta, setidaknya untuk meraih sukses ketika berada di dunia kerja ada 3 hal penting yang harus diperhatikan.

  1. Bahwa ketika mendapatkan gaji pertama supaya di berikan kepada kedua orang tuanya sampai pesan itu di ulang beberapa kali.
  2. Jangan Lupakan Dosen, Tendik dan teman teman Sekitar karena tidak lepas dari bantuan mereka semua semasa kuliah
  3. Terlebih beliau berpesan agar tetap menjaga marwah almamater Kampus kita Tercinta

Tidak tanggung-tanggung, narasumber kegiatan ini adalah  DITO JELANG MAULANA, ST lulusan Teknik Geomatika ITS yang sudah melanglangbuana di dunia industri, karirnya dari staff  di PT PAMA sudah dilaluinya dan saat ini beliau Direktur PT. GEOSOLUSION.Pertama kemampuan komunikasi, walaupun intelejensi menjadi hal penting yang harus dimiliki dan diaplikasikan dengan baik di dunia kerja tapi kemampuan komunikasi menjadi modal dasar untuk membangun hubungan sosial di tempat kerja. Kedua kerjasama tim, hal ini menjadi sangat penting karena di dunia luar nanti kita akan dipertemukan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang baik dari segi keilmuan dan sifat pribadi, maka menjadi kemampuan membentuk tim yang baik menjadi hal yang harus dimiliki. Ketiga adalah kemampuan kepemimpinan, maksudnya di sini adalah bagaimana kepemimpinan yang baik akan menghasilkan kontribusi lebih kita pada orang lain khususnya di dunia kerja nanti.

Para Sesepuh Departemen Teknik Geomatika mengingatkan wisudawan untuk selalu berpikiran positif untuk dapat meraih cita-cita yang mereka inginkan. “Jika kita senantiasa berpikir positif, selalu memiliki ‘mentalitas bisa’, mau menerima dan menghadapi segala tantangan dan optimis, maka kehidupan kita akan diliputi keberhasilan dan kebahagiaan,” pesannya beliau .

Terakhir, Pak Danar juga menyampaikan pesan usaha untuk mencapai keinginan sudah maksimal tapi ketahanan kita sudah sampai pada batasnya, bersandarlah pada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa dengan berdoa dan beribadah karena sesungguhnya hakikat segala usaha kita hanya untuk mencapai Ridho-Nya

Sesi penutup dari acara ini dengan agenda ramah tamah dan foto bersama

Gambar 1. Sambutan Kepala Departemen Teknik Geomatika ITS


Gambar 2 . Penyampaian Materi Pembekalan Wisudawan

Gambar 3 . Penyerahan Cindera mata

Gambar 4 . Ramah Tamah

Gambar 5 . Foto Bersama

 

Latest Agenda

  • Acara opentalk angkatan 2021 - 17 Jan

    Acara opentalk angkatan 2021 Acara ini di buka oleh  Kepala Departemen Danar Guruh Pratomo, ST, MT, Ph.D Sekretaris departemen

    17 Jan 2022
  • Dialog Aplikasi BIM ( Building Information Modeling ) - 26 Jun

    24 Jun 2021
  • Kuliah Umum Oceonografi Fisik - 24 Jun

    Dalam rangka Dies Natalis ke 23, Departemen Teknik Geomatika mengadakan Kuliah Tamu Seri berikutnya yang berjudul “Geomatics Guest Lecture

    24 Jun 2021