Agenda

WEBINAR#61 “Mitigasi Bencana dalam Perencanan Wilayah”

Tue, 13 Sep 2022
10:17 am
Agenda
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Bangsa Indonesia bermukim di kawasan tumbukan lempeng yang aktif dan di kawasan iklim tropis. Artinya kita bermukim di kawasan rawan gempa, tsunami, likuifaksi, letusan gunung api, longsor dll. Pada saat yang sama kita bermukim di kawasan khatulistiwa, banyak hujan, angin, panas, air laut pasang, ombak besar dll yang terjadi berbulan bulan per tahun. Fenomena el nino, la nina, siklon tropis dll., yang memberikan tambahan hujan dan tambahan panas untuk Indonesia.

Kejadian kejadian alam itu sudah lama berlangsung dan berulang dengan kekuatan, periode ulang, lokasi, jalur yang sama. Sebagai bagian dari dinamika bumi yang harus terjadi. Saat ini perubahan iklim lebih meningkatkan ancaman hidrometeorologi seperti memicu bencana banjir, longsor, banjir bandang, angin puting beliung, gelombang ekstrim dan abrasi pantai.
Bangsa ini harus beradaptasi dan terus menerus melakukan aksi mitigasi baik mitigasi struktural maupun mitigasi non struktural agar risiko bencana bisa dikurangi.

Data menyebutkan bahwa sejumlah 1.183 korban jiwa meninggal per tahun akibat bencana dalam 10 tahun terakhir. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) (2021), menyatakan bahwa Indonesia mengalami kerugian ekonomi akibat kejadian bencana rata-rata Rp 22,8 triliun per tahun. Artinya tiap tahun ada pengalihan dana produktip dialihkan untuk penanggulangan bencana.

Sesuai amanat Presiden Joko Widodo untuk bersinergi seluruh stakeholder dalam melakukan pencegahan dan mitigasi bencana melalui perencanaan wilayah yang berkelanjutan. Melalui mitigasi bencana, diharapkan menjadi investasi yang penting dan menjadi salah satu pendekatan dalam perencanaan dan pengembangan wilayah.

Departemen Teknik Geofika, Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya bersama BNPB, UGM, MAGETI, HAGI, IAGI, PP MKPI berkolaborasi menyenggarakan webinar untuk berbagi pengalaman, praktik baik dan merumuskan rekomendasi ke depan terkait mitigasi bencana dalam perencanaan wilayah.

Bersama narasumber:

  • Dr Agus Wibowo (Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB)
  • Dr Tri Mulyani Sunarharum (Dosen Teknik Arsitektur dan Perencanaan Wilayah UGM)
  • Dr Amien Widodo (Dosen Teknik Geofisika ITS)

Catat Tanggalnya :

📆 Sabtu, 17 September 2022
⏰ 13.30-16.00 WIB
📹 Zoom webinar : https://zoom.us/j/94740469719

Materi narasumber dapat diakses disini

 

Latest Agenda

  • Guest Lecture oleh Ir. Sucipta, M.Si dari Pusat Riset Teknologi Daur Bahan Bakar Nuklir dan Limbah Radioaktif BRIN - 26 Sep

    Untuk memperkaya perkuliahan, Teknik Geofisika ITS menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik : “PEMILIHAN TAPAK PENYIMPANAN LESTARI LIMBAH RADIOAKTIF” yang

    26 Sep 2022
  • WEBINAR “ENERGI ASEAN MASA DEPAN” MENGUNDANG YOLANDA MUSTIKA BOHAL, S.T. DARI ASEAN CENTRE FOR ENERGY - 26 Sep

    Untuk memperkaya perkuliahan, Teknik Geofisika ITS menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik : “PLATFORM KEBENCANAAN: INARISK” yang mengundang narasumber: 👤

    21 Sep 2022
  • Kuliah Tamu oleh Dr. Udrekh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana - 01 Oct

    Untuk memperkaya perkuliahan, Teknik Geofisika ITS menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik : “PLATFORM KEBENCANAAN: INARISK” yang mengundang narasumber: 👤

    21 Sep 2022