Laboratorium Telematika

Pada laboratorium ini mahasiswa mempelajari dan mengembangkan teknologi jaringan komputer,multimedia, dan teknologi permainan.  Jaringan komputer yang dipelajari mencakup: komputasi grid, komputasi awan, big data, bussiness intellegence dan komputasi paralel. Untuk topik multimedia mencakup seputar permasalahan pemrosesan citra & video seperti sistem rekognisi, restorasi, dan penyajian. Teknologi permainan mencakup kecerdasan komputasional permainan, dynamic difficulty adjusment, machinema.

Penelitian yang terkait dengan laboratorium ini adalah

  • Sistem komputasi awan
  • Sistem komputasi grid
  • Sistem jaringan komputer
  • Big data & business Intellegence
  • Komputasi paralel
  • Pemrosesan multimedia
  • Teknologi permainan

Laboratorium ini melayani beberapa kegiatan antara lain:

  1. Internal
    • Praktikum dasar algoritma pemrograman
    • Praktikum komputasi awan
    • Praktikum komputasi grid
    • Praktikum jaringan komputer & big data
    • Praktikum permainan dalam jaringan

 

  1. Eksternal
    • Konsultan jaringan
    • Konsultan smart city
    • Konsultan IoT (Internet of Thing)

Mochamad Hariadi ,ST.M.Sc., Ph.D.

  • Dr. Supeno Mardi Susiki Nugroho,S.T.,M.T.
  • Susi Juniastuti, S.T.,M.Eng.
  • Christyowidiasmoro, S.T.,M.T.
  • Reza Fuad Rachmadi, S.T.,M.T.