Sustainable Development Goals

Sustainable Development Goals

Pengolahan Limbah Berbahaya di ITS

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di ITS ditangani sebagian 50-75% secara terpisah dengan mengelompokkan, mengumpulkan, dan menyerahkannya ke pihak ketiga yang bersertifikat. Surat Edaran Rektor Nomor T/95007/IT2/TU.00.08/2019 tentang “Mendukung Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan” mendorong program penanganan limbah B3 di kampus ITS, yaitu pada poin:

A. Upaya peningkatan sanitasi lingkungan
10. Mendorong upaya pengelolaan limbah yang mengandung bahan berbahaya dan
beracun (B3) yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

  1. Melakukan gerakan peningkatan kebersihan toilet di kampus;
  2. Mendorong upaya penghematan air dengan menghindari penggunaan air yang tidak diperlukan
    dan mendorong upaya pemanfaatan kembali air limbah untuk kegiatan penyiraman;
  3. Mendorong upaya pengelolaan air limbah domestik dengan melakukan pengolahan dan upaya daur ulang.

A. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di ITS

Limbah B3 di Kampus ITS merupakan limbah yang berasal dari laboratorium di Kampus ITS. Departemen penghasil limbah laboratorium yang mengandung B3 antara lain: Departemen Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Kimia, Material, Biologi, Mesin dan Laboratorium Energi dan Lingkungan. Pemilahan limbah B3 serta pengemasan dilakukan untuk memudahkan penyimpanan, pengumpulan dan pengangkutan limbah B3 sehingga aman bagi lingkungan hidup dan kesehatan manusia. Pengemasan harus dilengkapi dengan symbol dan label. Pengelola laboratorium memilah limbah B3 di laboratorium dan menyimpannya untuk kemudian diserahkan kepada pihak ketiga.

 

B. Penyimpanan sementara limbah medis ITS dalam kontainer atau freezer

Dalam pengelolaan limbah B3 di ITS, penyimpanan sementara dilakukan dalam wadah bin/kontainer serta freezer/cold storage untuk limbah medis seperti sarung tangan, masker bekas pakai, obat kadaluarsa, dan jarum suntik, yang dihasilkan oleh Medical Center ITS, maupun Departemen lainnya di ITS. Limbah B3 medis sebelumnya dikemas dalam plastik berwarna kuning sesuai prosedur.

 

C. Penyimpanan limbah B3 kegiatan akademik di laboratorium ITS pada kontainer dan jerigen

Penyimpanan sementara limbah non medis seperti limbah akademik laboratorium ditempatkan dalam wadah jerigen maupun bak kontainer yang telah diberi label sesuai dengan karateristik masing-masing limbah B3, dan disusun pada rak atau ruang tempat penyimpanan yang memiliki atap dan terlindung dari sinar matahari.

 

D. Pengangkutan limbah B3 laboratorium ITS dilakukan dengan kerjasama pihak ketiga

Dalam pengelolaan pengangkutan limbah B3, ITS bekerjasama dengan pihak ketiga bersertifikat dengan jadwal pengambilan di setiap semester yang dilakukan secara kolektif dari beberapa laboratorium Departemen.

Pengelolaan Limbah B3 di ITS

Kompabilitas Karakteristik Limbah B3

Sustainable Development Goals > Pengolahan Limbah Berbahaya