DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park

Pusat ICT & Robotika

Bidang ICT dan robotika telah menjadi gengsi tersendiri dalam perguruan tinggi. Di ITS, bidang robotika dikembangkan dengan bersungguh – sungguh. ITS memiliki beberapa jenis robot dengan reputasi internasional. Di antaranya robot humanoid bernama Ichiro, robot terbang, robot pemadam kebakaran hingga robot dengan kemampuan kinetik menari layaknya manusia.

Di bidang teknologi dan informasi, ITS juga mengembangkan riset yang strategis untuk industri. Misalnya teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang diaplikasikan dalam surat izin mengemudi (SIM) untuk mengendalikan konsumsi BBM. Atau dalam lingkup medis seperti TB Analyzer, alat yang membantu medis untuk menghitung jumlah bakteri tuberculosis pada citra preparat dahak. Riset strategis ini dikembangkan menjawab permasalahan dan tantangan baik dalam negeri maupun skala dunia.

Sektor keahlian

Keahlian dalam penelitian dan inovasi yang kami miliki dalam bidang ICT dan robotika diantaranya:

  • Membuat micro electronic (IME) untuk pengembangan robot
  • Pembuatan micro controller sebagai prosesor robot
  • menyediakan berbagai robot dengan harga terjangkau agar dapat digunakan oleh pengguna dari berbagai kalangan terutama dari sektor pendidikan
  • Pengembangan berbagai aplikasi dan data source
  • Pembangunan stasiun satelit
  • Membuat berbagai alat untuk mempermudah informasi
  • Membuat alat untuk memudahkan informasi untuk keperluan medis

Partner industry

Direktorat Perguruan Tinggi, Edukasi dan Kebudayaan & LAPAN

Stasiun Satelit Bumi Portabel

Perkembangan satelt menandai era baru dalam informasi dan teknologi dalam komunikasi DIKTI bersama lapan telah mengembangkan proyek INUSAT yang melibatkan beberapa universitas di negara untuk mengembangkan nano satelit yang murni didesain dan dibuat oleh masyarakat Indonesia.

 

Partner lain:

PLN