DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
21 Agustus 2021, 03:08

Pembuatan Mold Mangkuk dan Piring Kaca dengan Mesin CNC

Oleh : adminstp | | Source : -

Pada bulan Agustus 2021, PUI SKO ITS menerima pesanan berupa pembuatan mold TPH 6,5 in sebanyak 18 buah, sebagai kelanjutan kerjasama sebelumnya dengan PT MIKRONIKA MAKMUR Sidoarjo. Perusahaan ini adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk die, mould dan peralatan pabrik, untuk melayani kebutuhan perawatan, penggantian dari mesin-mesin pabrik. Pekerjaan ini dikerjakan dengan menggunakan mesin CNC Milling HAAS VF3 di Gedung Molina milik PUI SKO ITS, yang juga memiliki kemampuan milling 4 axis dengan ukuran maksimal benda kerja 1 m x 0,5 m.

 

Untuk pesanan cetakan kali ini, kembali digunakan material Baja Stavax yang memang normalnya digunakan untuk material untuk mould. Untuk pekerjaan satu mold memakan waktu sampai 18 jam sampai benar-benar selesai. Pengerjaan relatif memakan waktu yang lebih lama dari sebelumnya, karena dipengaruhi oleh tebal material, kompeksitas desain, dan kerasnya material Stavax yang berpotensi merusak tool pahat jika tidak dikerjakan dengan metode yang benar.

Selain pesanan tersebut, PUI SKO ITS juga menerima order dari perusahaan yang sama untuk membuat mold piring kaca sebesar 10 in. Hubungan kerjasama antara dua lembaga tersebut diharapkan terus berlangsung ke depannya. Untuk memperluas lingkup pengerjaan manufakturnya, PUI SKO ITS juga memiliki mesin CNC Bubut HAAS ST10, yang dapat membubut benda kerja sampai ukuran diameter maksimal 6 in, dan panjang maksimal 30 cm. Dengan kedua mesin CNC tersebut, produk yang bisa dikerjakan pun menjadi jauh lebih beragam , contoh spare part custom untuk motor elektrik dengan ukuran yang juga custom, part-part berukuran kecil seperti dudukan komponen mesin custom, dan banyak lagi.

Berita Terkait