DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
07 Juni 2021, 04:06

Servis GESITS dengan PT ITS Teknosains

Oleh : adminstp | | Source : -

Pada tanggal 7 Juni 2021, PT ITS Teknosains mengajukan request ke PUI SKO ITS untuk melakukan servis kerusakan terhadap satu unit GESITS nya. Unit tersebut mengalami kendala yaitu tidak menyala sama sekali ketika dikontak. Setelah menerima request tersebut, PUI SKO ITS mengerahkan dua teknisi untuk menangani kendala tersebut. Unit tersebut dibawa ke Gedung Molina untuk diservis.
Sebelum dilakukan tindakan servis, para teknisi mengecek kelengkapan dan kenormalan pada komponen-komponen unit. Karena unit tidak menyala, maka diagnosa pertama yang dilakukan oleh para teknisi adalah pada komponen penyaluran energi kelistrikan. Maka selanjutnya, diperiksa komponen-komponen penyalur energi listrik sesuai SOP.

Yang pertama diperiksa adalah baterai, sebagai sumber energi dari unit. Hasil cek tegangan menunjukkan bahwa baterai masih dalam kondisi normal. Komponen kedua yang dicek adalah tegangan di output MCB, dimana hasil cek menunjukkan bahwa tegangan yang melalui MCB masih ada dan normal. Analisa berikutnya jatuh ke kontak on/off itu sendiri. Untuk mengakses sambungan dari kontak on/off, maka perlu dilakukan pembongkaran fairing motor. Setelah fairing dibongkar, dicek kontak listrik saat kunci diputar ke on/off. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan pada komponen kontak on/off. Setelah dilakukan perbaikan, untuk memastikan tidak ada kerusakan lain pada sistem kelistrikan, dilakukan jumper pada soket kontak agar dapat menyalakan sepeda motor tanpa menggunakan kunci kontak. Setelah dilakukan jumper, tidak ditemukan masalah lain pada unit sepeda motor. Hal tersebut mengkonfirmasi kerusakan hanya terjadi pada kunci kontak on/off. Setelah pemasangan kembali fairing, akhirnya unit bisa menyala dan dioperasikan kembali. Unit pun dikembalikan ke PT ITS Teknosains.

Berita Terkait