DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
13 Maret 2020, 06:03

Kunjungan SMAN 3 Palembang ke PUI SKO ITS

Oleh : adminstp | | Source : -

Pada tanggal 12 Maret 2020 . PUI menerima kunjungan dari SMA Negeri 3 Palembang . Peserta kunjungan ini berjumlah 48 orang siswa yang didampingi oleh 8 orang guru . kunjungan dimulai pukul 09.30 sampai 12.00 WIB dan dilaksanakan di gedung MOLINA.


Tujuan kunjungan dari pihak sekolah adalah untuk menambah wawasan dari siswa SMA Negeri 3 Palembang mengenai kendaraan listrik. Pada gambar berikut, siswa sedang diterangkan tentang salah satu kendaraan listrik hasil karya penelitian PUI SKO ITS, yaitu mobil listrik EZZY. Mobil listrik ini adalah produk penelitian mobil listrik nasional yang dilakukan oleh PUI SKO ITS. Saat ini mobil EZZY sudah memiliki generasi II yang merupakan penyempurnaan dari EZZY generasi I yang keluar pada tahun 2013. Ezzy generasi II merupakan mobil tipe Sport Hatchback yang memiliki jarak tempuh maksimal sebesar 180 Km menggunakan baterai LiFePO4 dan digerakkan oleh motor listik BLDC yang dapat mengoutput daya maksimal sebesar 60 kW dengan torisi maksimum 200 Nm.

Selanjutnya siswa ditunjukan skuter listrik GESITS, yang merupakan produk hasil penelitian dari PUI SKO ITS yang sudah memasuki fase penjualann komersil. Skuter listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya Motor 5KW, dan sekarang produksinya dipegang oleh PT WIMA. Untuk saat ini, di PUI SKO ITS juga melakukan pengembangan terhadap GESITS bekerjasama dengan PT WIMA, yang diantaranya adalah pengembangan regenerative brake, yang fungsinya menyimpan kembali energi motor yang terbuang saat pengereman, dan pengembangan sistem manajemen energi listrik untuk kepentingan navigasi perjalanan jauh.

Fasilitas berikutnya yang dikunjungi adalah fasilitas mesin CNC. Di sini siswa ditunjukkan dua mesin CNC Haas dengan tipe VF3 untuk milling, drilling, dan tapering dan tipe ST10 untuk bubut. Produk-produk yang bisa dihasilkan oleh mesin ini adalah desain custom untuk spare part motor listrik seperti casing, rotor, dan sirip, serta molding (cetakan) untuk proses casting produk-produk kaca.

Berita Terkait