DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
25 Maret 2024, 14:03

Seminar dan Pameran Kendaraan Listrik: Event Gatrik Goes to Campus

Oleh : itsotomotif | | Source : -

Surabaya, 22 Maret 2024. Dalam rangka Event Gatrik Goes to Campus Kementerian ESDM bekerjasama dengan Enhancing Readiness for the Transition to Electric Vehicles in Indonesia (ENTREV), Braja Elektrik, dan Teknik Mesin ITS menyelenggarakan acara Seminar dan Pameran Kendaraan Listrik. Acara diselengggarakan di gedung Sinar Mas Teknik Industri Lt. 2 Dengan mengangkat tema “Mengenal Kebijakan Kendaraan Listrik yang Semakin Asyik” diharapkan dengan diadakan seminar ini dapat mensosialisasikan program percepatan kendaraan listrik ke kampus-kampus, menyampaikan kebijakan pemerintah terkait percepatan adopsi kendaraan listrik serta menelusuri hambatan di masyarakat serta bisa mensinkronkan keinginan masyarakat dan kebijakan pemerintah sehingga adopsi kendaraan listrik dapat berjalan lebih masif.

Sedangkan acara pameran digelar di depan gedung Teknik Sistem dan Industri. Para tamu antusias untuk test drive kendaraan listrik yang dipamerkan. Manajer Klaster STP Otomotif, Prof. Bambang Sudarmanta, dalam menyampaikan, “Kita harus sering mengadakan acara seperti ini, karena masih banyak terjadi kesenjangan antara kebijakan dan masyarakat bawah. Jadi, kendaraan listrik ini masih belum tersebar luas di Indonesia. Seperti contohnya konversi dari motor BBM ke motor listrik, masih banyak masyarakat yg belum tahu”.

Lalu, Staff STP Otomotif Maulana, menambahkan, “ini adalah kendaraan BANGKITS yg dibuat oleh STP Otomotif bekerja sama dengan Kemensos RI. BANGKITS ini dibuat dari 0, dengan semua bahan rangka dan body kita buat sendiri. Untuk komponen lainnya seperti motor, baterai, dan lain-lain, kita (lakukan) pengadaan. STP Otomotif sudah memproduksi kendaraan BANGKITS, (dengan) total keseluruhan ada 34 unit. Sebelum dikirim 34 itu, sudah ada 2 unit motor BANGKITS yang telah di Papua. Untuk kendaraan Beat New ini, kita konversi dari (mesin) BBM menjadi elektrik. Untuk kendaraan listrik tipe Trail juga sama, kita memproduksi dari 0 semua bahan rangka dan body kita buat sendiri.”
Semoga dengan Seminar ini diharapkan bisa mensinkronkan antara keinginan masyarakat dan kebijakan pemerintah.

Pengenalan kendaraan Listrik oleh Manajer STP Otomotif Prof. Bambang Sudarmanta

Kendaraan Listrik Kevik roda 3 toko

Kendaraan Listrik Trail Bangkits, EV-A, dan Beat EV

Test drive Kendaraan skuter listrik SKOEITS oleh peserta seminar

Seminar Gatrik Goes to Campus Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Berita Terkait