DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
11 Januari 2024, 03:01

Kaleidoskop ITS 2023: Untaian Inovasi dan Prestasi Wujudkan Transformasi Pendidikan

Oleh : adminstp | | Source : -

Kaleidoskop ITS 2023: Untaian Inovasi dan Prestasi Wujudkan Transformasi Pendidikan

Kampus ITS, ITS News — Di tahun 2023, kisah gemilang perjuangan terus mencapai puncaknya. Lembaran demi lembaran halaman penuh dengan jejak inovasi dan prestasi, menjadi saksi teguh komitmen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam mewujudkan transformasi pendidikan tinggi dan memberikan inspirasi melalui perjalanan untuk masa depan pendidikan.

Transformasi pendidikan tinggi terus menjadi fokus utama, seiring harapan agar mahasiswa dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Tak ayal, ITS juga menunjukkan komitmen kuatnya dalam memberdayakan mahasiswanya untuk terus berinovasi, bertransformasi, dan beradaptasi di era digital. Untaian aksi, inovasi, dan prestasi ITS selama 2023 tercermin sebagai berikut:

ITS Gandeng Panasonic Luncurkan LED Bulb BBI

Jajaran pimpinan ITS bersama para pimpinan PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia dan Pemkot Pasuruan usai melepas pengiriman perdana LED Bulb BBI Panasonic

Mengawali tahun 2023, ITS bersama PT Panasonic Gobel Life Solution Manufacturing dan Pemerintah Pasuruan meluncurkan lampu Light Emitting Diode Bulb Bangga Buatan Indonesia (LED Bulb BBI). Melalui kerja sama di bawah program Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta (Kedaireka) ini, produksi lampu dapat ditingkatkan hingga 100 juta buah per tahun.

Lampu LED Bulb BBI sendiri memiliki tegangan multi antara 140 – 240 VAC dengan 14 model dalam tujuh varian tegangan. Lampu yang memiliki lama hidup hingga 12 ribu jam ini dilengkapi teknologi anti sinar biru dan teknologi anti kedip yang hemat energi untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Dengan adanya kerjasama ini, ITS berharap kebutuhan lampu Indonesia dapat terpenuhi.

Alumni ITS Inovasikan Kapal Kesehatan Rakyat ke Daerah Pelosok

Interior bagian dalam Kapal Kesehatan Rakyat dari IKA ITS dengan berbagai fasilitas kesehatan yang dibutuhkan untuk masyarakat jalur Sungai Musi dalam menjangkau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Melanjutkan pengabdiannya bagi masyarakat, Ikatan Alumni ITS (IKA ITS) inovasikan kapal kesehatan rakyat untuk masyarakat daerah Sungai Musi. Inovasi yang digagas oleh tim IKA ITS ini muncul setelah menyadari kesulitan masyarakat jalur Sungai Musi dalam menjangkau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) akibat minimnya akses transportasi.

Kapal ini dibangun menggunakan material logam yang dilapisi High Density Polyethylene (HDPE) yang dirancang khusus agar bisa menyusuri sungai hingga ke pelosok. Di mana, kapal ini mengimplementasikan konsep hybrid energy yang ramah lingkungan dan dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas kesehatan.

Barunastra ITS Pertahankan Juara Dunia sekaligus Ungguli MIT

Tim Barunastra ITS berhasil mempertahankan Juara Umum kali ke-5 pada International Roboboat Competition 2023 di Florida

Prestasi membanggakan datang di akhir trimester awal tahun 2023, di mana, tim Barunastra ITS berhasil mengalahkan 24 tim dari sembilan negara pada ajang International Roboboat Competition 2023. Dengan membawa kapal bernama Nala Proteus, tim ini berhasil meraih juara di dua kategori, yakni Autonomy Challenge dan Design Documentation.

Dalam ajang yang diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat ini, tim Barunastra ITS berhasil mempertahankan gelar Grand Champion selama lima kali berturut-turut setelah menggaet juara satu pada kategori Autonomy Challenge dan juara dua Design Documentation. Atas raihan tersebut, ITS juga diyakini unggul dibanding tim dari kampus teknologi kenamaan dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kolaborasi ITS-UCL-Unpatti Raih Penghargaan Internasional Keselamatan Maritim 

Pelaksanaan uji aplikasi Kora-kora untuk mengetahui stabilitas kapal ikan saat berlayar sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kapal bersama para nelayan di Ambon

Sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam bidang kelautan, ITS melaksanakan riset kolaborasi bersama University College London (UCL) dan Universitas Pattimura (Unpatti) yang melahirkan sebuah aplikasi bernama Kora-kora. Aplikasi ini memanfaatkan sensor accelerometer dan giroskop pada ponsel untuk mengetahui stabilitas kapal ikan saat berlayar sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kapal.

Aplikasi Kora-kora didesain dengan praktis dan gratis serta dapat digunakan tanpa jaringan internet untuk memudahkan nelayan saat berlayar. Inovasi ini berhasil mengantarkan tim riset kolaborasi tersebut meraih penghargaan RINA-LR Maritime Safety Award yang diselenggarakan oleh The Royal Institution of Naval Architects (RINA) bersama Lloyd’s Register Marine and Shipping.

Kolaborasi ITS dan PT Gapura Tingkatkan Hilirisasi Kemaritiman Indonesia

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memberikan sambutan peresmian Gedung STP ITS – Gapura Maritime Innovation Center & Teaching Factory

Meneruskan tapaknya di bidang maritim, ITS bersama PT Galangan Kapal Madura (Gapura) meresmikan gedung Science Techno Park (STP) kemaritiman. Gedung yang telah dibangun sejak Oktober 2021 lalu ini menyediakan fasilitas uji coba yang memiliki garis air di laut. Di mana, nantinya gedung ini memfasilitasi berbagai kegiatan penelitian khususnya di bidang maritim.

Hadirnya gedung STP ini juga diamini menjadi angin sejuk bagi para mahasiswa maupun para peneliti bidang maritim sebab kegiatan penelitian menjadi lebih efektif. Kedepannya, gedung ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi ITS sebagai kampus unggulan di bidang teknologi maritim agar dapat terus menyokong hilirisasi kemaritiman di Indonesia.

ITS Dukung Sustainability dengan Memanfaatkan Ekoenzim untuk Lingkungan 

Sejumlah pimpinan ITS bersiap melakukan penuangan ekoenzim di Danau Delapan ITS dalam kegiatan ITS Eco Enzym 2023

Lagi dan lagi, sebagai perwujudan Smart Eco Campus, ITS mengadakan ITS Eco Enzym (IEE) 2023. Lewat aksi sosial ini, jajaran pimpinan ITS melakukan penuangan ekoenzim untuk meningkatkan kualitas air dan optimalisasi kualitas alga di Danau Delapan ITS. Kegiatan ini sebagai simbolisasi awal ITS dalam menggalakkan berbagai kegiatan sustainability di lingkungan kampus.

Ekoenzim atau hasil olahan limbah basah organik berbentuk cairan ini dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan. Tak hanya meningkatkan kualitas air, ekoenzim dapat menjadi filter udara, pestisida alami dan pupuk organik bagi sektor pertanian, hingga efektif menurunkan efek rumah kaca. Dengan segudang manfaatnya, gerakan ekoenzim dari ITS ini mampu menjadi alternatif pengelolaan limbah untuk peningkatan kualitas lingkungan yang lebih baik.

Juarai SEM 2023, Tim Mobil Hemat Energi ITS Wakili Asia Pasifik dan Timur Tengah di DWC 2023

Tim Sapuangin ITS usai berhasil raih Juara I SEM 2023 serta berhak mewakili Asia Pasifik dan Timur Tengah untuk ajang Drivers World Championship (DWC) 2023 di India

Pada pertengahan tahun 2023, ITS kembali mencetak prestasinya melalui ajang Shell Eco-Marathon (SEM) Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023 dengan diwakili oleh dua tim mobil hemat energi. Di mana tim Antasena ITS berhasil meraih juara kedua Carbon Footprint Reduction Award pada kategori eco-friendly. Sekaligus menyabet juara ketiga pada on-track kategori Prototype Hydrogen Fuel Cell.

Tak mau kalah, tim Sapuangin ITS yang juga berlaga dalam ajang tersebut berhasil meraih juara pertama on-track kategori Urban Concept Internal Combustion Engine sekaligus raih juara pertama Data and Telemetry Award pada kategori Virtual Programme. Capaian ini berhasil mengantarkan tim Sapuangin ITS menjadi perwakilan Asia Pasifik dan Timur Tengah di ajang Drivers World Championship (DWC) 2023, India.

ITS Juarai Liga PTN-BH 2022 

(kiri) Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menerima penghargaan atas keberhasilan ITS meraih posisi tertinggi IKU Liga PTN-BH

Lewat capaian prestasi dari civitas akademika ITS, tahun ini, ITS kembali berhasil unggul pada delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan raih posisi tertinggi secara keseluruhan (top 10%) di antara Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) lainnya. Di antara delapan IKU tersebut, ITS menempati posisi pertama pada IKU-1 yang menilai kelayakan pekerjaan mahasiswa pasca kelulusan selama tiga tahun berturut-turut.

Dengan meluluskan mahasiswa-mahasiswa terdidik dan berketerampilan tinggi, ITS secara langsung maupun tidak langsung dapat membantu mensejahterakan masyarakat. Namun, pencapaian tersebut tidak membuat ITS terlena, sebab kampus yang luhur ini berkomitmen akan terus memberikan layanan, karya, dan prestasi terbaik ke depannya.

Kedokteran ITS Resmi Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Mahasiswa Baru 

Jajaran Pimpinan ITS dan Tim Kementerian Kesehatan saat visitasi ke Gedung Fakultas Kedokteran dan Kesehatan ITS

Usai berhasil mendapatkan rekomendasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) dan Kementerian Kesehatan, ITS resmi membuka Program Studi (prodi) Kedokteran. Prodi Kedokteran ITS mendapat dukungan pembinaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan RSUD dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Mojokerto sebagai Rumah Sakit Pendidikan.

Meski terbilang baru, prodi Kedokteran ITS menyediakan berbagai fasilitas hingga dosen dan tenaga ahli yang mumpuni untuk mencetak dokter profesional dan juga kompeten di bidang teknologi. Hal ini menjadi bukti komitmen ITS untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan kedokteran di Indonesia sekaligus implementasi tagline yang dianut, yakni Advancing Humanity.

ITS Raih Juara Umum Gemastik Tiga Kali Berturut-turut 

Momen kemenangan tim Gemastik ITS saat berhasil meraih juara umum Gemastik XVI 2023

Kembali menjadi juara umum, ITS berhasil mempertahankan gelarnya selama tiga kali berturut-turut dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XVI 2023. Capaian ini membuat Piala Samyakbya Padhesa Widya masih berada dalam genggaman Ibu yang Luhur ITS.

Gelar tersebut diraih setelah ITS berhasil menyabet satu medali emas, empat medali perak, dan satu medali harapan. Keenam medali tersebut diperoleh dari empat divisi berbeda, yakni Kota Cerdas, Animasi, Pengembangan Perangkat Lunak, serta Piranti Cerdas, Sistem Benam dan Internet or Things (IoT).

ITS Naik Peringkat 128 QS AUR 2024 

Rulli Pratiwi Setiawan ST MSc PhD (tengah) bersama beberapa perwakilan ITS saat di acara QS Higher Education Summit: Asia Pacific 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia

Tak hanya keahlian di domestik, ITS semakin menunjukkan eksistensinya di kancah internasional dengan berhasil naik 18 peringkat dari posisi sebelumnya yang berada di peringkat 146. Kenaikan peringkat ini diumumkan pada gelaran QS Higher Ed Summit: Asia Pacific (QS APAC) yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tak hanya naik ke peringkat 128 dunia, ITS dengan pasti juga berhasil menempati peringkat ke-6 di Indonesia. Tentu saja, peningkatan rangking yang cukup signifikan tak membuat perguruan tinggi ini berlena-lena, ITS akan terus melakukan upaya masif dalam membuat program-program untuk meningkatkan kinerja dan reputasi kedepannya.

ITS Raih Lima Penghargaan Sekaligus di Anugerah Diktiristek 2023 

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kedua dari kanan) ketika menerima penghargaan Anugerah Diktiristek 2023 bersama dengan para penerima penghargaan dari universitas lainnya

Menyusul penutupan tahun 2023, ITS meraih lima penghargaan prestisius dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Keberhasilan ini mencerminkan dedikasi ITS dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi dan penelitian yang berkualitas, sejalan dengan visi dan misi institusi. Tentunya juga memperkuat posisi institusi ini sebagai lembaga pendidikan unggulan yang berperan aktif dalam kemajuan dan perubahan positif di bidang pendidikan dan riset.

Penghargaan yang diterima ITS di antaranya Anugerah Prioritas Nasional kategori Perguruan Tinggi dengan Inovasi Terbanyak ke-3. Gold Winner pada Anugerah Kerjasama kategori PTN-BH subkategori Pengelola Beasiswa KNB 2023 dan Pengelola Izin Belajar Mahasiswa Asing 2023. Serta Bronze Winner pada Anugerah Kerjasama kategori PTN-BH Subkategori Kerjasama Internasional Terbaik dan Anugerah Humas Kategori PTN-BH Subkategori Laman.

Berbagai bentuk upaya yang beraneka ragam telah terjalin secara sinergis dalam mencapai tujuan bersama, yaitu menghadirkan evolusi dalam sektor pendidikan tinggi guna menghasilkan lulusan yang berkualitas unggul sesuai dengan tagline Advancing Humanity. Meskipun tahun 2023 usai menemukan titik akhirnya, tetapi setiap tindakan, ide inovatif, dan pencapaian gemilang ITS senantiasa menanti untuk dicatat dalam babak selanjutnya dari perjalanan prestasinya.

 

Salam
Tim Redaksi ITS Online

Berita Terkait