DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
23 Oktober 2023, 07:10

Menginspirasi Lewat Desain, Despro ITS Resmikan Galeri Karya

Oleh : adminstp | | Source : -

Jajaran sivitas akademika Desain Produk Industri ITS di depan Galeri Karya Despro ITS

Kampus ITS, ITS News –  Departemen Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)melahirkan bakal desainer yang mampu merancang berbagai produk maupun media komunikasi. Ajak masyarakat luas lebih mengenal produk inovasi yang dihasilkan, Despro ITS resmikan galeri seni dan desain bertajuk Galeri Karya, Sabtu (30/9).

Peresmian dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, Imam Baihaqi ST MSc PhD, bersama Kepala Departemen Despro, Bambang Tristiyono ST MSi. Galeri ini dibangun sebagai media komunikasi antara Despro ITS dan masyarakat umum yang ingin melihat hasil karya mahasiswa dan dosen Despro ITS secara lebih dekat.

(dari kiri) Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Imam Baihaqi ST MSc PhD, Kepala Departemen Despro Bambang Tristiyono ST MSi, dan Alumni angkatan 88 Sugeng Hariyadi sesaat setelah seremoni peresmian Galeri Karya Despro ITS

Tidak hanya menjadi media komunikasi, Imam merumuskan bahwa Galeri Karya juga dapat memperkuat kolaborasi ITS dengan mitra-mitra lainnya. Selama ini pun, imbuh Imam, Despro ITS telah banyak berkontribusi dalam perkembangan produk di Indonesia, seperti tangan prostetik untuk difabel hingga desain LRT Jabodetabek. “Setiap inovasi yang lahir dari Despro ITS bukan hanya sekadar konsep, melainkan solusi konkret bagi kehidupan manusia,” tuturnya.

Membuka seri pertama dalam peresmian Galeri Karya, produk purwarupa yang ditampilkan terdiri dari berbagai koleksi desain, prototype, dan visual produk. Sebagian besar produk yang ditampilkan merupakan hasil tugas akhir para mahasiswa Despro yang akan diganti tiap tahunnya. “Karya cukup beragam, mulai dari desain produk transportasi, perhiasaan, hingga perlengkapan sehari-hari,” ujar Bambang

Beberapa hasta karya mahasiswa Despro ITS yang turut dipertunjukan dalam Galeri Karya Despro ITS

Selain dilakukan peresmian gedung, gelaran ini juga menjadi momentum syukuran atas 37 tahun berdirinya Despro di ITS. Oleh karena itu, beberapa alumni yang telah berkontribusi besar dalam perkembangan Despro ITS masuk dalam jajaran nama undangan. “Ini menjadi pertanda sekaligus pemicu untuk terus berkontribusi dalam perkembangan desain produk,” ungkapnya.

Diilhami oleh Bambang, Galeri Karya bukan hanya sebuah ruang pameran, tetapi juga sebuah sumber inspirasi dan inovasi yang tak terbatas bagi generasi masa depan. Ke depannya, Despro ITS berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam perkembangan desain produk yang mampu membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui kreativitas dan inovasi. (*)

 

Reporter: Lathifah Sahda
Redaktur: Difa Khoirunisa

Berita Terkait