DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
19 Juni 2023, 02:06

ITS Expo 2023 Gelar Pameran Inovasi dan Karya Sivitas Akademika

Oleh : adminstp | | Source : -

Beberapa pengunjung pameran yang sedang mencoba permainan Flight Simulator di stan Bayucaraka ITS

Kampus ITS, ITS News — Pameran teknologi, seni, dan budaya ITS Expo kembali hadir, hingga Sabtu (10/6). Pameran ini menampilkan berbagai inovasi dan karya terdepan hasil rancangan sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Koordinator Exhibition ITS EXPO 2023, Miftah Hazuma Afandi, menjelaskan bahwa ada empat wahana yang dapat dinikmati pengunjung, yakni wahana teknologi, seni, budaya, dan gelar karya mahasiswa. Selain itu, pameran ini  juga menyediakan uji coba beberapa teknologi yang sedang naik daun. Ada fasilitas virtual reality (VR) dan driving simulator yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Di wahana teknologi, pengunjung dapat menemukan hasil penelitian dari berbagai tim riset di ITS. Setiap tim tidak hanya mempresentasikan produk hasil riset mereka, tetapi juga mendemonstrasikan produknya. Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mencoba produk riset tersebut pada beberapa booth yang tersedia. “Total ada 15 tim riset yang turut berpartisipasi dalam pameran ini,” jelas mahasiswa yang kerap disapa Zuma ini.

Salah satu pengunjung Exhibition ITS Expo yang bermain virtual reality (VR) di area wahana teknologi

Beralih ke Kampung Budaya, Zuma menyampaikan bahwa wahana ini menampilkan beragam kebudayaan Indonesia. Ada rumah adat, pakaian adat, makanan, hingga peralatan khas dari daerah-daerah dari tiap penjuru. “Kami berkolaborasi dengan Forum Budaya Surabaya, Dewan Kesenian Jawa Timur, Dewan Kesenian Surabaya, dan beberapa seniman lokal,” tambahnya.

Sementara itu, dalam wahan seni, pengunjung dapat menikmati hasil sayembara karya seni mahasiswa ITS. Terdapat 16 karya dua dimensi dan 2 karya tiga dimensi pilihan yang dipamerkan di wahana ini. “Tidak hanya itu, pengunjung juga difasilitasi dengan ruang kreasi interaktif yang memungkinkan pengunjung untuk menuangkan kreativitas mereka,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS ini.

Selanjutnya, pada wahana terakhir, ITS Expo menghadirkan Gelar Karya Mahasiswa (GKM) yang melibatkan 38 jurusan di ITS. Selain itu, terdapat juga area Lumbung Karya yang memfasilitasi tim-tim riset mandiri di ITS yang telah meraih prestasi dalam berbagai kompetisi.

Beberapa karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang dipamerkan di area wahana seni

Tidak hanya itu, setelah puas menjelajahi pameran, pengunjung pameran yang digelar di Gedung Graha ITS ini dapat mengikuti berbagai macam lokakarya yang tersedia. “Kami memfasilitasi peserta untuk mempelajari cara bermain angklung, membatik, merangkai robot, hingga linecut,” sambungnya. (*)

 

Reporter: Thariq Agfi Hermawan
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait