DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
21 November 2022, 04:11

Bersama Indosat – Nokia – R&S Indonesia, ITS Kembangkan Talenta Digital Mahasiswa

Oleh : adminstp | | Source : -

(dari kiri) Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng dan Manager Klaster ICT-Robotika ITS Dr Ir Endroyono DEA, dan CBO Indosat Bayu Hanantasena saat penyerahan hibah laptop secara simbolis

Kampus ITS, ITS News – Setelah setahun diluncurkan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali memperkuat kerja sama dengan Indosat, Nokia, dan Rohde & Schwarz (R&S) Indonesia dalam hal penguatan talenta digital melalui 5G Experience Center ITS. Hal ini disepakati lewat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan di Gedung Rektorat ITS, Kamis (17/11).

Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Chief Business Officer (CBO) Indosat Bayu Hanantasena, Account Director NOKIA Indonesia Danabalan Amirthalingam, dan Managing Director R&S Indonesia Muhammad Arif serta Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng. Selain itu, juga dihadiri sejumlah jajaran pimpinan tinggi ITS lainnya.

Account Director Nokia Indonesia Danabalan Amirthalingam (kiri) bersama Chief Business Officer (CBO) Indosat Bayu Hanantasena

Person In Charge (PIC) Program Pengembangan 5G Experience Center ITS Dr Ir Endroyono DEA menyampaikan, pertemuan ini menjadi langkah ke depan ITS untuk mengembangkan talenta mahasiswa dalam bidang teknologi 5G. Hal tersebut didukung dengan workshop bersertifikat yang dihadiri lebih dari 100 mahasiswa di Auditorium Gedung Pascasarjana ITS selama dua hari, mulai Kamis (17/11) ini. “Hal ini ditujukan agar mahasiswa ITS lebih bisa mengembangkan talenta digital mereka,” ucap dosen yang akrab disapa Edo ini.

Workshop yang dibimbing langsung oleh tim dari Indosat dan R&S Indonesia tersebut membahas seputar pengenalan dan pengukuran 5G di Indonesia, talent development, hingga pengembangan use case digital. “Diharapkan mahasiswa ITS mulai tertantang untuk memahami perkembangan teknologi penerapan dan kontribusi mereka nantinya,” harap dosen Departemen Teknik Elektro ITS ini.

Jajaran pimpinan ITS bersama perwakilan dari Nokia Indonesia, Indosat, dan R&S Indonesia usai penandatanganan MoU di Gedung Rektorat ITS

Manajer Klaster ICT – Robotika ITS tersebut juga menambahkan, pada agenda kerja sama ini Indosat dan Nokia turut memberikan 20 laptop untuk pengembangan pembelajaran mahasiswa ITS. Pada kesempatan yang sama, Rektor ITS berharap agar tiga pilar pendiri 5G Experience Center, yakni ITS-Nokia-Indosat, tetap dapat menjadi motor tumbuhnya teknologi 5G dan pemanfaatanya di Indonesia.

Ke depannya, menurut Edo, ITS akan melanjutkan kerja sama pengembangan 5G Experience Center bersama Kedutaan Besar Finlandia untuk Indonesia dan Universitas Oulu dari Finlandia. Hal ini dikarenakan ITS menjadi satu-satunya institusi perguruan tinggi yang melakukan pengukuran kinerja 5G secara aktif terhadap bidang industri. (HUMAS ITS)

Reporter: Gandhi Kesuma

Berita Terkait