DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
15 September 2021, 03:09

ITS Akan Mempunyai 5G Experience Center Pertama di Indonesia

Oleh : adminstp | | Source : -

Masih dalam rangkaian menyambut Dies Natalis ITS ke 61, pada hari kamis ini, ITS mendapat kebahagiaan baru dengan akan diresmikannya 5G Experience Center di Area Pusat Robotika Kawasan Science Technopark (STP) ITS.

 

Menurut Dr. Ir. Endroyono, DEA, yang menjabat sebagai Manajer Kawasan TIK Robotika, 5G Experience Center ini akan berfungsi sebagai kawah candradimuka untuk menggembleng calon pelaku transformasi digital, sampai dengan pusat inovasi teknologi dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di era 5G. Diharapkan center ini mampu mendukung era industri 4.0, society 5.0, termasuk strategi transformasi digital di ITS yang menjadi bagian dari konsep ID 4.0. Untuk mencapai itu semua, center ini dilengkapi dengan knowledge center (tempat pelatihan), excellent center (tempat sertifikasi) dan creative center (tempat pengembangan dan inovasi aplikasi).

 

Diharapkan peresmian ini, selain dihadiri oleh para pejabat ITS, juga akan dihadiri oleh Gubernur Jawa-Timur, Duta besar Findland, Mas Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek, Menteri Parekraf, para dirjen, perwakilan universitas lain, dan tentu saja dunia usaha dan dunia industri, seperti Nokia, Indosat, dan mitra industri ITS lainnya. Selain Walikota Surabaya dan Jember, hadir pula beberapa perwakilan dari daerah di sekitar Gerbang KertaSusila.

Selain peresmian 5G Experience Center, Kerjasama ini juga telah melahirkan sebuah pusat inovasi baru di bidang telekomunikasi, yang diberi nama Next Generation ICT Inovation Center (NG-ICT-IT), demikian tutur Dr. A. Affandi Direktur DIKST ITS. Program ini didukung penuh oleh Kementerian melalui program Matching Fund Kedaireka, melalui kerjasama ITS-Nokia-Indosat-PT. INTI-PT. Solusi247. Dalam waktu dekat, ITS akan bekerja-sama dengan Universitas Oulu, dengan tujuan untuk melakukan pengembangan berbagai hal, mulai 5G, 6G, hingga berbagai teknologi baru, termasuk autonomous vehicle.

 

Diharapkan dengan berbagai Kerjasama, maka peran ITS sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik bidang ICT dan Teknik Komputer diharapkan semakin besar, demi kemanusiaan, sesuai dengan tag-line ITS tahun ini “advancing humanity”.

Berita Terkait