DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
10 September 2020, 07:09

MoU Signing Ceremony dengan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia

Oleh : adminstp | | Source : -

Latar Belakang

Tahun 2020 dicirikan dan didesiminasikan secara luas sebagai tahun INOVASI INDONESIA oleh Pemerintah. Pemangku kepentingan dalam mewujudkan inovasi di Indonesia tidak dapat menggantungkan pada kemampuan Industri, namun perlu dukungan dari Perguruan Tinggi untuk menyediakan teknologi, juga Komunitas untuk memvalidasi kebutuhan dan dukungan hulu hingga hilir dengan peran serta masyarakat, serta dukungan Pemerintah untuk mewujudkan sinergi tersebut dengan insentif inovasi dan penyerapan pasar, maupun dukungan ekosistem inovasi yang kondusif.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) telah berupaya mendukung menciptakan ekosistem inovasi yang kondusif bagi pemangku kepentingan inovasi agar dapat berkolaborasi dan bersinergi memanfaatkan potensi dalam negeri, hingga inovasi tersebut akan memiliki TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang tinggi dan terus meningkat.

Beberapa usulan aksi yang telah diidentifikasi oleh Tim Kerja Akselerasi Inovasi (TKAI) DIKTI, diantaranya adalah menyiapkan :

  • PLATFORM KERJA SAMA KAMPUS DAN INDUSTRI
  • PROJECT KERJA SAMA KAMPUS DAN INDUSTRI
  • MATCH MAKING FORUM
  • PENDATAAN INOVASI KAMPUS
  • DISEMINASI INFORMASI INOVASI

Kerja sama PT KMWI dan ITS ini adalah salah satu hasil dari match making forum yang telah diselenggarakan dalam beberapa pertemuan bersama antara TKAI DIKTI, PT. KMWI dan ITS. Setelah dipersiapkan oleh DIKTI, dilanjutkan dengan dukungan DIKTI dalam proyek kerja sama kampus dan industri dalam mewujudkan inovasi ini.

 

Tujuan

Tujuan dari penandatanganan MOU kerja sama antara PT KMWI dan ITS adalah untuk menginisiasi kerja sama berkelanjutan dalam pengembangan angkutan dan alat mesin pedesaan yang diproduksi oleh PT KMWI. Khusus dalam kaitan dengan program akselerasi inovasi oleh DIKTI, kolaborasi PT KMWI dan ITS akan menjadi bagian dalam skenario pilot project “ERAT” (Economic Recovery Act Together) yang digagas oleh DIKTI tahun 2020 ini.

Berita Terkait