News

Pusat Penelitian STKK Lahirkan 8 Hak Cipta dari Program Penelitian Kedaireka

Rab, 11 Jan 2023
6:34 am
Berita
Share :
Oleh : adminstkk   |

Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Kelautan-Kebumian (STKK), Intitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada tahun 2022 aktif dalam penelitian yang mengarah pada hilirisasi produk melalui program penelitian kedaireka. Dua penelitian tersebut berjudul Pengembangan Integrasi Drone Multi Sensor untuk Pemetaan Lahan-Stockpile Garam pada PT. GARAM Persero serta Integrasi Pada Sistem Otomatis Pintu Air dan Integrasi Mobile Mapping Multisensor-GNSS dan Sistem Informasi Geografis Untuk Manajemen Aset-Meteran Air PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, di mana penelitian ini bekerjasama dengan PT Garam yang berlokasi di Madura dan PDAM Kota Surabaya.

Kedaireka sendiri merupakan solusi terkini dalam mewujudkan kemudahan sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi mitra untuk kemajuan bangsa Indonesia, yang sejalan dengan visi Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

8 hak cipta lahir dari penelitian ini baik berupa paten, merk dan desain industri yang mana hasil penelitian ini link and match antara dunia industri dan perguruan tinggi, sesuai dengan tujuan program Kadeireka. (Detail 8 Hak Cipta dari Penelitian Kadeireka)

Penelitian di PT. GARAM Persero, Madura menghasilkan 4 paten yaitu paten Low-Cost Drone LIDAR, Low-Cost GNSS Interferometric Reflectometry, SMART RTK Point GPS dan Otomasi Pintu Air. Selain itu, penelitian ini juga melahirkan 1 hak cipta berupa Aplikasi Otomatis Pintu Air.

Low-Cost Drone LIDAR Patent

Mobile Mapping Using Webcam and GNSS

 

Penelitian yang dilakukan di PDAM Surya Sembada, Surabaya tak kalah produktifnya. Para peneliti melahirkan 1 hak cipta berupa Aplikasi AI untuk Mendeteksi Aset Bangunan PDAM dengan Mobile Mapping, 1 paten Mobile Mapping Menggunakan Webcam dan GNSS, serta 1 desain industri berupa desain Low-Cost GNSS SMART GEO-PD ITS.

Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Kelautan-Kebumian (STKK) ITS berharap dua penelitian ini menjadi pemantik penelitian-penelitian berikutnya yang baik bagi perkembangan dunia riset dan inovasi sehingga lebih banyak menghasilkan produk-produk penelitian di bidang Sains dan Keluatuan-Kebumian yang membantu menyelesaikan masalah di sektor industri maupun permasalahan sosial.

Latest News

  • International Conference: The 4th Sustainability and Resilience of Coastal Management

    Sustainability and Resilience of Coastal Management Akan diadakan Joint International Conference on Sustainable Management – The 4th Sustainability and

    26 Sep 2023
  • One-Field Training and Guest Lecturer Biofouling

    Permasalan biofouling yang kian hari kian mengancam perairan dunia, termasuk Indonesia menjadi concern kita bersama. Institute Teknologi Sepuluh Nopember,

    18 Mar 2023
  • Kora-Kora, Mobile Apps Pendeteksi Stabilitas Kapal untuk Mengurangi Resiko Kecelakaan Nelayan Dunia

    Pemanfaatan smartphone melalui aplikasi telah memberikan dampak dan manfaat yang besar dalam mengatasi berbagai macam permasalahan. Melalui mobile apps,

    17 Mar 2023