Experience more institut teknologi sepuluh nopember

Program Kami

Smart Village

Kegiatan berbetuk workshop dengan sasaran adalah Badan Perencanaan dan stakeholder di tiap kabupaten/kota. Workshop ini adalah sebagai sarana untuk mendalami akar persoalan ketenagakerjaan yang dikaitkan dengan potensi dan persoalan diwilayah tersebut sehingga menghasilkan sebuah rencana Employement Diagnostic Analysis (EDA) : Perencanaan Program Ketenagakerjaan

Smart village merupakan sebuah pengembangan dari konsep smart city. Pada dasarnya, konsep smart village merupakan sebuah konsep dimana sebuah desa dapat menyelesaikan permasalahannya dengan cerdas. Konsep smart village juga harus didukung oleh beberapa komponen agar penerapannya memberikan dampak positif dan maksimal. Smart village digagas untuk memanfaatkan teknologi informasi bagi masyarakat epdesaan sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat lokal untuk pelaksanaan program pelayanan public yang lebih berkualitas deng memanfaatkan teknologi informasi. Tidak hanya berfokus pada kecanggihan teknologi di suatu desa saja smart village juga diharapkan dapat mengubah kondisi masyarakat menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera, menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya sebuah inovasi dalam usaha kecil yang berpotensi menciptakan kewirausahaan, dan meningkatkan kualitas pelayanan di desa.

Untuk mendukung berjalanannya smart village SDGs Center ITS menjalankan beberapa program salah satunya adalah program perencanaan dan perancangan Desa Wisata Selong Belanak. Selong Belanak adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa ini memiliki potensi keindahan pantai yang dapat menarik minat wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Selain memiliki hamparan air laut berwarna bening biru kehijauan dan hamparan pasir putih yang lembut, laut di Desa Selong Belanak juga cukup dangkal sehingga aman bagi wisatawan yang suka bermain air laut dan dapat digunakan untuk belajar berselancar, bahkan penduduk lokal menyediakan papan seluncur untuk disewa dan menyediakan jasa kursus berselancar.

Pantai Selong Belanak memang belum begitu terkenal dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Lombok, seperti Pantai Senggigi di Lombok Barat maupun Pantai Kuta di Lombok Tengah. Hal ini dikarenakan keterbatasan fasilitas, promosi, dan informasi sehingga membuat pantai ini tak begitu dikenal. Untuk itu SDGs ITS melakukan beberapa inovasi dan kegiatan untuk memperkenalkan Desa Selong Belanak kepada wisatawan. Seoerti membangun beberapa fasilitas yang dapat menarik wisatawan, mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan sumber daya yang mereka punya untuk mendapatkan berjualan atau membuat usaha lain yang dapat turut meramaikan kawasan wisata di Desa Selong Belanak. Berikut ini merupakan beberapa contoh rancangan pusat layanan di Desa Wisata Selong Belanak.

Beranda > Smart Village