Teknik Sistem Perkapalan

Teknik Sistem Perkapalan

Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) atau Marine Engineering merupakan jurusan yang mempunyai kompetensi utama di bidang rancang-bangun dan rekayasa sistem-sistem yang berada pada bangunan di atas air (floating structures)/lepas pantai (offshores). Mulai dari sistem permesinan, kelistrikan, perpipaan serta semua sistem yang mendukung pada rancang bangun tersebut. Secara nasional, hanya JTSP yang memiliki Core Competence di bidang Marine Engineering dengan jenjang Program Strata S1.

Untuk menunjang kegiatan akademik dan penelitian JTSP didukung oleh enam laboratorium. Antara lain Lab Mesin Kapal, Getaran dan Kebisingan; Lab Mesin Fludia dan Sistem; Lab Keandalan dan Kesealamatan; Lab CNC dan Metal Processing; Lab Perangan Komputasional dan Model 3D; serta Lab Listrik dan Otomasi. Secara khusus, JTSP telah menjalin kerja sama dan memeproleh pengakuan dari badan keprofesian internasional Institute of Marine Engineering Science and Technology (IMarEST) serta The Royal Institute of Naval Architect (RINA). Sejak tahun 2011, JTSP juga telah bekerjasama dengan Wismar University, Jerman untuk menyelenggarakan program double degree in Marine Engineering. Secara nasional, JTSP telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Alumni Teknik Sistem Perkapalan tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri yang rata-rata bekerja di Shipyard/Offshores, Marine Industry, pada Shipping Company, Oil & Gas, Class Society, dan sejumlah bidang yang lain. Adapun waktu tunggu mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus rata-rata kurang dari tiga bulan.