Teknik Informatika

Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika didirikan pada tahun 1985 dan mendapatkan akreditasi A yang berlaku hingga 2016. Visi Jurusan Teknik Informatika adalah menjadi inovator bidang informatika di tingkat nasional dengan reputasi internasional. Program sarjana Teknik Informatika ditujukan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu menguasai pemrograman komputer, merancang dan mengintegrasikan sistem berbasis komputer, memiliki keahlian interpersonal, teamwork, dan manajerial, serta kemampuan technopreneurship.

Saat ini terdapat tiga bidang studi yang dimiliki Jurusan Teknik Informatika antara lain Bidang Studi Rekayasa Lunak, Bidang Studi Komputasi Berbasis Jaringan, dan Bidang Studi Komputasi Cerdas dan Visualisasi. Untuk melaksankan kegiatan pendidikannya, Jurusan Teknik Informatika didukung oleh 8 laboratorium, yakni Lab Sistem Cerdas, Lab Komputasi Berbasis Jaringan, Lab Rekayasa Perangkat Lunak, Lab Vision, Image Processing, and Graphics, Lab Rekayasa Sistem Berbasis Pengetahuan, Lab Arsitektur dan Jaringan Komputer, Lab Optimasi dan Simulasi, serta Lab Pemrograman.

Lulusan Teknik Informatika ITS telah tersebar di berbagai bidang profesi antara lain sebagai ICT Manager, ICT Engineer, Technopreneur, ICT Consultant, System Analyst, System Programmer, System Administrator, Quality Assurance, ICT Support, dan ICT Auditor. Lulusan rata-rata terserap di berbagai industri seperti perbankan, keuangan, manufaktur, ritel, pendidikan, public service, pemerintah, riset, dan sebagainya.