Teknik Material dan Metalurgi

Teknik Material dan Metalurgi

Jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS mambangun visi menjadi pusat pendidikan dengan kompetensi global di bidang teknologi dan rekayasa material untuk mendukung pengembangan sains, teknologi, dan industri. Saat ini jurusan didukung oleh 20 staff pengajar dan 13 staff laboratorium dengan jumlah mahasiswa mencapai 400 orang.

Jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS memiliki 7 laboratorium. Antara lain Metallurgy Lab, Manufacture lab, Materials and Minerals Processing Lab, Innovative Materials Lab, Physical Materials Lab, Corrosian and Failure Materials Lab, dan Chemistry of Materials Lab. Jurusan juga memiliki sejumlah instrumen untuk karakterisasi material seperti SEM, XRD, TGA/DSC, FTIR, dan masih banyak lagi.

Saat ini Jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS telah Menjalin kerjasama dengan sejumlah universitas regional dan internasional. Jurusan juga aktif dalam kegiatan riset pada tingkat regional, nasional, dan internasional. Salah satunya melalui keikutsertaan mobil Antasena pada Kompetisi SHELL ECO di Malaysia pada 2012 lalu.