Fisika

Fisika

Jurusan ini awalnya berdiri pada November 1965 dan masih merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) ITS, sebagai Jurusan Fisika Teknik. Sejak 10 November 1983, Jurusan Fisika Teknik ini masuk dalam Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS dengan nama Teknik Fisika.

Bidang studi yang dimiliki Jurusan Teknik Fisika ITS di antaranya Bidang Studi Rekayasa Instrumentasi, Bidang Studi Rekayasa Akustik dan Fisika Bangunan, Bidang Studi Rekayasa Bahan, Bidang Studi Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan, dan Bidang Studi Rekayasa Optika dan Laser.

Laboratorium yang dimiliki adalah Laboratorium Rekayasa Instrumentasi, Laboratorium Rekayasa Akustik dan Fisika Bangunan, Laboratorium Rekayasa Bahan, Laboratorium Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Laboratorium Rekayasa Optika dan Laser, Laboratorium Pengukuran Fisis, Laboratorium Simulasi dan Komputasi, dan Laboratorium Mekanik dan Gelas.

Kerjasama yang dimiliki antara lain berupa penelitian instrumentasi industri di PT Kertas Leces, PT Badak, PT Pupuk Kaltim, PT. Semen Tuban, PT Petrokimia Gresik. Selain pelatihan instrumentasi kedokteran dengan RSU Dr. Sutomo, ATEM, BPFK dan kuliah tamu serta kunjungan secara berkala ke beberapa industri.

Alumni tersebar dalam seluruh bidang baik instansi pemerintah dan swasta seperti: Departemen Pertambangan, Dalam Negeri, Pendidikan Nasional, BPPT, LIPI, PT. PAL, BBI, Caltex, Arco, Unilever, PT Badak, PT Telkom, PT Pupuk Kaltim, Maspion, Pertamina dan lain-lainnya.