Perencanaan Wilayah dan Kota

Perencanaan Wilayah dan Kota

ITS membuka Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), mengingat kebutuhan sarjana bidang PWK ini juga meningkat di masa otonomi saat ini, khususnya untuk memenuhi kebutuhan di Kawasan Timur Indonesia. Program Studi PWK ITS mengusung beberapa mata kuliah utama seperti Teori dan Proses Perencanaan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Prasarana Wilayah dan Kota, Ekonomi Wilayah dan Ekonomi Kota, Transportasi, Manajemen Perkotaan, Perencanaan Kawasan Pesisir, Perancangan Kota, dan Analisis Perencanaan.

Lulusan PWK ITS memiliki kompetensi dalam hal Penyusunan Rencana Tata Ruang (skala Nasional, Wilayah, Provinsi, Kabupaten, Kota, Kawasan Khusus), Perancangan Kota (Tata bangungan dan lingkungan, penataan koridor, masterplan), Penyusunan Rencana Sektoral (Rencana Pengembangan Transportasi, Pariwisata, Pesisir, Industri, Permukiman, Perdagangan, dan lain-lain), Studi Manajemen Perkotaan (Manajemen Lahan, Lingkungan), Penyusunan Kebijakan dan Strategi Pembangunan (Integrasi Program Sektoral, penyiapan indikasi program sektoral, penyusunan rencana pembangunan jangka panjang dan jangka pendek), Penyusunan sistem informasi tata ruang (GIS untuk tata ruang dan GIS untuk analisis sektoral).

Dengan memiliki berbagai kemampuan tersebut lulusan PWK ITS dapat bekerja pada instansi pemerintah, konsultan pembangunan, konsultan perencanaan, pengembang, LSM, dosen dan peneliti di perguruan tinggi.

Berderet prestasi baik dalam ajang perlombaan karya ilmiah dan karya tulis nasional maupun Internasional telah ditorehkan mahasiswa PWK ITS. Prestasi terakhir Prodi PWK ITS yaitu pada November 2012 dengan terpilihnya sebagai Juara I Nasional dalam Sayembara Ruang Kreatif Hijau yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum RI.