Statistika

Statistika

Tahun 1983, Jurusan Statistika berdiri setelah sebelumnya menjadi bagian dari Jurusan Matematika. Pada tahun 1985 Jurusan Statistika mendirikan Program Diploma III Statistika. Selanjutnya pada tahun 1999 Jurusan Statistika membuka Program Magister (S-2), serta melaksanakan program Studi Ekstensi S1 dan lintas jalur (tahun 2004 passing out).

Program S1 Statistika telah berhasil meraih Akreditasi A dari BAN-PT. Program S1 Statistika terbagi atas Bidang Studi Statistika Industri, Bidang Studi Statistika Komputasi, serta Bidang Studi Statistika Bisnis dan Sosial.Laboratorium yang dimiliki antara lainLaboratorium Statistika Bisnis dan Sosial,Laboratorium Statistika Komputasi, dan Laboratorium Statistika Industri.

Peluang kerja lulusan Statistika di antaranya di instansi bidang konsultan riset, quality assurance, research&development, analisis data, bank pemerintah dan swasta, market research, Badan Pusat Statistik (BPS), pemerintah daerah, industri (PT Philips, JVC, Astra, Petrokimia, Djarum), dan lain-lain.

Kerjasama Pendidikan yang sudah dilakukan antara lain Program S3 Ilmu Statistika dan Program S2 Statistika dengan Badan Pusat Statistika, Student Exchange Programme dengan Universiti Teknologi Malaysia,Program penyetaraan beberapa mata kuliah di jurusan Statistika dengan Ujia Aktuaris, Persatuan Aktuaris Indonesia. Kerjasama Penelitian/PPM antara lain dengan Universiti Teknologi Malaysia, BPS, PT Bursa Efek Indonesia, PT Bursa Efek Surabaya, Polwiltabes Surabaya, PT Philips, Kementrian Pendidikan Nasional, Kementrian Pendidikan Nasional Jawa Timur, dan Pemerintah Kota Surabaya.