Publikasi Riset

Publikasi Terkini dari Peneliti ITS

ITS merupakan perguruan tinggi yang sangat produktif dalam menghasilkan riset dan publikasi ilmiah. Berdasarkan data yang diperbaharui setiap hari oleh Scopus, pada 2017, jumlah publikasi ilmiah para peneliti ITS yang terindeks Scopus mencapai lebih dari 2700 dokumen. Angka tersebut menempatkan ITS pada peringkat kelima di Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan publikasi ilmiah terbanyak yang diindeks oleh Scopus. Dalam laporan Kekuatan 5o Institusi Ilmiah Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, ITS juga menduduki peringkat dua di Indonesia dalam kecepatan publikasi ilmiah terindeks Scopus. Karya monumental dari para ilmuwan ITS dapat dipantau di Resources at ITS (Resits).

Selain para dosen dan mahasiswa pascasarjana, mahasiswa sarjana di ITS juga didorong untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Sebagai bagian dari kelulusan, Tugas Akhir mahasiswa program sarjana di ITS dipublikasikan dalam wadah Publikasi Ilmiah Online Mahasiswa ITS (POMITS), yang terdiri dari Jurnal Sains dan Seni ITS serta Jurnal Teknik ITS. Selain itu, terdapat pula Repositori ITS yang menjadi wadah pre-print bagi karya ilmiah mahasiswa ITS sebelum dipublikasikan di jurnal ilmiah terakreditasi.

 

Jurnal yang Dikelola ITS

Selain mempublikasikan hasil penelitian, ITS juga mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah terakreditasi. Pada 2017, total terdapat 35 jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh ITS di bawah Pusat Publikasi Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Beberapa jurnal tersebut telah terindeks secara global, seperti oleh Google Scholars, IPI, dan Crossref. Beberapa jurnal bahkan menjadi publikasi resmi dari masyarakat ilmiah Indonesia dalam bidang keilmuan tertentu, seperti Indonesian Chemical Society. Jurnal-jurnal tersebut terbuka untuk para peneliti dari beragam keilmuan yang hendak mempublikasikan hasil penelitiannya. Pelajari lebih lanjut ragam jurnal di ITS dan mekanisme publikasinya di sini.