Energi

Energi

Energi untuk Masa Depan Bumi

Ancaman Kelangkaan energi di masa depan dan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari bahan bakar fosil membuat ITS terus berinovasi mengembangkan energi baru dan terbarukan. Inovasi ITS pada energi ramah lingkungan dituangkan melalui riset yang dinaungi oleh Pusat Studi Energi di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Pusat Studi Energi ITS berkomitmen mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan energi dan keberlanjutan energi di Indoensia. Tujuan ini sesuai dengan Kebjakan Energi Nasional yang tertuang dalam Buku Putih Kebijakan Energi Tahun 2005-2025 maupun dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang tertuang dalam PP. No. 22 Tahun 2017 tentang Kebijakan Energi Tahun 2016-2050.

Dalam pengelolaan energi, Pusat Studi Energi ITS mengedepankan prinsip berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan. Hal ini dilakukan agar kemandirian energi dan ketahanan energi nasional dapat terwujud. Pilar utama yang dilakukan oleh Pusat Studi Energi ITS adalah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan: Intensifikasi Energi, Diversifikasi Energi dan Konservasi Energi.

Pusat Studi Energi ITS turut berkontribusi mempercepat pengembangan energi terbarukan di Indonesia, di antaranya adalah mendirikan Pusat Konservasi Energi, menaikkan harga BBM dan listrik atau mengurangi subsidinya, serta memperkuat kapasitas institusi dan sumberdaya manusia terkait pembangunan energi. Inovasi ITS pada energi ramah lingkungan berasal dari air, bayu, panas bumi, arus dan gelombang laut, solar cell, hingga biomassa.

Riset unggulan pada Pusat Studi Energi ITS difokuskan pada tiga area, yaitu:

1. Diversifikasi Energi

  • Pengembangan Photovoltaic agar lebih efektif dan efisien.
  • Pengembangan turbin angin agar lebih efektif, efisien, dan andal.
  • Penelitian dalam bidang power elektronika untuk meningkatkan kontribusi komponen kandungan lokal dalam pengembangan integrasi energi baru terbarukan.

2. Intensifikasi Energi

  • Pengembangan teknik carbon capture dengan proses kimia (menangkap CO2 dari cerobong asap pembangkit yang dapat digunakan untuk me-recovery sumur minyak yang tidak produktif.
  • Pengembangan teknik carbon capture dengan proses fisika (menangkap CO2 dari cerobong asap pembangkit yang dapat digunakan untuk me-recovery sumur minyak yang tidak produktif.
  • Bekerja sama dengan pihak terkait mengenai pemanfaatan CO2 untuk Enhancement Oil Recovery ( EOR) sehingga cadangan minyak terbukti dapat meningkat.

3. Manajemen Energi dan Auditor Energi

  • Melaksanakan audit energi di Gedung Rektorat, Gedung Departemen Teknik Fisika, dan Gedung Research Center, sebagai pilot project yang diikuti oleh sebagaian besar Anggota Pusat Studi Energi ITS.
  • Mengirim Angota PSE untuk mengikuti pelatihan capacity building yang diselengggarakan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral sebanyak dua gelombang.
  • Melakukan diseminasi penyebaran pengetahuan bidang manajamen energi dan auditor energi kepada anggota Pusat Studi Energi ITS dan kepada anggota perguruan tinggi Eastern Part of Indonesian Uiversity Network (EPI-Unet).
  • Bekerja sama dengan LSP Energi melaksankan Ujian Kompetensi Auditor Energi bagi industri di Jawa Timur.

Pusat Studi Energi ITS memiliki kumpulan pakar yang melakukan penelitian dalam bidang energi baru dan terbarukan. Pusat studi ini memiliki akses terhadap fasilitas penelitian canggih di Laboratorium Energi dan Lingkungan ITS. Adapun instrumen penelitian yang terdapat pada laboratorium ini meliputi SEM-EDX, XRD, AFM, ICP-OES, XRF, HRMS, HPLC, GC dan sebagainya yang terkait dengan kebutuhan riset dalam bidang energi alternatif. Selain itu, laboratorium juga dilengkapi dengan peralatan survey lapangan dalam bentuk mobil laboratorium dengan kemampuan untuk melakukan analisis kualitas air, tanah dan udara seperti pH, DO, kandungan ion-ion nitrat, nitrit, Sulfat, amoniak dan kolrida, konduktivitas air, kandungan CO, CO2, NOx, SOx, kelembaban, kandungan debu di udara, alat ukur getaran dan kebisingan, alat ukur getaran akibat ledakan, alat ukur angka cetane dan octane, alat serta ukur titik embun BBG.

Dr. Ir. Ali Musyafa, M.Sc.
Gedung Research Center
Jalan Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo
Surabaya, Indonesia 60111.
Email: musyafa@ep.its.ac.id
Website: https://lppm.its.ac.id/?page_id=1609

Beranda > Riset > Fokus Riset > Energi