Pusat Publikasi Ilmiah

PPI
September 26, 2025 11:09

Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Simpang Menggunakan Simulasi PTV Vissim 9.0 (Studi Kasus: Dua Simpang Jln. Cak Doko Kecamatan Oebobo Kota Kupang)

Oleh : itspublikasi | | Source : -
Krisantus Satrio Wibowo Pedo, Engelbertha Noviani Bria Seran, Krisantos Ria Bela

 

Abstract

Two adjacent intersections on Cak Doko Street, Oebobo District, Kupang City cause traffic jams, so evaluation and simulation of Traffic Management and Engineering recommendations are needed. The analytical method used is intersection evaluation using the PTV Vissim 9.0 simulation programs and PKJI 2023. The results of the PTV Vissim 9.0 evaluation will be calibrated and validated and then used as a basis for recommended traffic management and engineering simulations. The intersection evaluation results for intersection delay values at intersections 1 and 2 are 15,392 sec/veh and 13,738 sec/veh (PKJI 2023) and 41,755 sec/veh and 28,379 sec/veh (PTV Vissim), while the respective LOS values are LOS E and LOS D. The most effective traffic menagement is recommendation 2, namely the installation of a median with a U-turn ban at both ends of the median, with the performance results for intersections 1 and 2 being LOS B with intersection delays of 11,497 sec/veh and 10,565 sec/veh, respectively.

Dua simpang tiga yang berdekatan pada Jl. Cak Doko, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang menyebabkan terjadinya kemacetan sehingga perlu adanya evaluasi serta simulasi rekomendasi Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas (MRLL). Metode analisis yang digunakan adalah evaluasi simpang menggunakan simulasi program PTV Vissim 9.0 dan PKJI 2023. Hasil evaluasi PTV Vissim 9.0 akan dikalibrasi dan divalidasi untuk kemudian digunakan sebagai dasar simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas yang akan direkomendasikan. Hasil evaluasi simpang untuk nilai tundaan simpang pada simpang 1 dan 2 masing-masing sebesar 15,392 det/kend dan 13,738 det/kend (PKI 2023) serta 41,755 det/kend dan 28,379 det/kend (PTV Vissim), sedangkan nilai LOS masing-masing adalah LOS E dan LOS D. Rekomenasi MRLL yang paling efektif dilakukan adalah rekomendasi 2 yakni pemasangan median dengan larangan putar balik pada kedua ujung median, dengan hasil kinerja simpang 1 dan 2 adalah LOS B dengan tundaan simpang masing-masing sebesar 11,497 det/kend dan 10,565 det/kend. 

Keywords

simpang;PTV Vissim 9.0;Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas

Full Text:

PDF

Related News