Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
23 Februari 2024, 14:02

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Belajar Lapangan (Field Study) ke Perpustakaan ITS

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Dalam rangka senantiasa berupaya meningkatkan pengembangan mutu layanan pendidikan termasuk layanan perpustakaan yang berkualitas dan terstandar agar transformasi kesehatan cepat terwujud maka berkaitan dengan hal tersebut pada hari Rabu (21/2/24) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta datang berkunjung ke perpustakaan ITS Surabaya untuk Belajar Lapangan (Field Study) mengenai pengelolaan perpustakaan.

 Rombongan tiba di perpustakaan tepat pukul 09.45 WIB dan disambut oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Perpustakaan ITS yang mewakili bapak Kepala Perpustakaan Edy Suprayitno didampingi oleh  para Supervisor Senior dan Penanggung Jawab bidang layanan Pemustaka dan bidang layanan Pengembangan  dan Pengolahan digital.

Para tamu disambut di ruang Biblioteka lantai 2 yang merupakan ruang sidang/rapat milik perpustakaan ITS.  Acara dimulai dengan sambutan dari ibu Kasubag ibu Tjatwari dengan memperkenalkan semua jajarannya yang ikut mendampingi para tamu. Kemudian dilanjutkan Sambutan Kepala Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Bapak Sapto Harmoko, SIP., M.A, sekaligus memperkenalkan para stafnya. Bapak Sapto menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka untuk study banding ini yaitu Ingin tahu fasilitas-fasilitas dan  layanan-layanan apa saja yang ada di Perpustakaan ITS yang nanti memungkinkan untuk diterapkan di perpustakaan Poltekkes, sebab perpustakaan mereka di Yogya mendapat kesempatan menempati gedung baru dengan 4 lantai yang sebelumnya hanya 1 lantai saja. Oleh karena itu mereka meminta izin untuk menerapkan prinsip ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) setelah nanti melihat-lihat perpustakaan ITS.

Dalam diskusi yang berlangsung, banyak pertanyaan yang diajukan oleh pak Sapto dan stafnya kepada perpustakaan ITS, dan semua dijawab dengan jelas oleh staf pak Edy yang secara langsung berhubungan dengan tugas mereka masing-masing. Kemudian setelah melakukan foto bersama dan saling menyerahkan cinderamata, untuk lebih memperjelas dan mendalami hasil belajar lapangan, maka acara dilanjutkan dengan library tour ke semua bagian dan layanan yang ada di perpustakaan ITS, mulai dari lantai 1 hingga lantai 5, mulai dari tata kelola pengolahan bahan pustaka sampai dengan fasilitas dan layanan pemustaka. Pada saat library tour diharapkan banyak yang dapat dipelajari oleh teman-teman poltekkes yang nantinya bisa diterapkan dan dipraktekkan langsung saat kembali ke perpustakaan mereka.

Setelah acara library tour berakhir, maka semua kembali ke ruang diskusi untuk ishoma, kemudian acara diskusi dilanjutkan kembali, kali ini dipandu langsung oleh kepala perpustakaan ITS Bapak Edy Suprayitno. Pak Edy menyampaikan apa saja yang sudah diperoleh saat library tour tadi dan mengharapkan feedback dari para pustakawan poltekkes sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan kira-kira apa saja yang bisa diterapkan dan apa saja yg belum bisa diterapkan di perpustakaan mereka. diakhir kata tak lupa Pak Edy menyampaikan supaya rekan-rekan dari Poltekkes hanya mengambil yang baik-baik saja dari perpustakaan ITS, sedangkan yang jelek-jelek mohon ditinggalkan jangan ikut dibawa. Bravo Perpustakaan ITS (yag)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?