Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
31 Januari 2024, 14:01

Sosialisasi APC Open Access IEEE-ITS

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Perpustakaan ITS bekerjasama dengan IEEE menyelenggarakan program Article Processing Charge (APC), untuk itu harus ada  sosialisasi nya kepada pemustaka sivitas akademika ITS.  Diselenggarakan pada hari Jumat (26/1/24) webinar sosialisasi APC Open Access IEEE-ITS ini dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB, dihadiri lebih kurang 120 partisipan dari berbagai kalangan terutama Sivitas Akademika ITS, Peneliti, dan Pustakawan. Menghadirkan Narasumber Alex Liu Yupeng (Manager Client Service Asia IEEE) dan dimoderatori oleh Deden Ramdhani (Account executive/IEEE product specialist).

Acara diawali dengan menampilkan video profil Perpustakaan ITS, pembukaan dan berdoa bersama dipandu oleh MC Eva Mursidah  (Pustakawan ITS), kemudian mendengarkan lagu Indonesia Raya serta lagu hymne ITS, dilanjutkan sambutan dari Bapak Kepala Perpustakaan, Edy Suprayitno, SS, M.Hum. Sesi foto bersama dilakukan setelah Pak Edy menyampaikan kata-kata sambutannya.

Tujuan dari Program APC IEEE -ITS adalah program IEEE yang memberikan subsidi biaya publikasi artikel bagi penulis dari ITS untuk mendukung peningkatan jumlah publikasi open access (OA) di jurnal-jurnal IEEE. Melalui APC, Sivitas Akademika ITS bisa mempublikasikan artikel di jurnal IEEE secara GRATIS. Token APC yang tersedia sebanyak 10 token. Program APC ini tidak bersifat kompetitif dan selama token tersedia pengajuan APC akan diterima.

Adapun syarat dan ketentuan  Program APC IEEE -ITS adalah :

  1. Sivitas Akademika ITS
  2. Tercatat sebagai penulis pertama dan terafiliasi ITS
  3. Berlaku sampai dengan 9 November 2024 selama token tersedia
  4. Naskah dengan status diterima atau terpublikasi dengan jurnal IEEE

Banyak pertanyaan yang diajukan oleh partisipan saat Diskusi berlangsung, karena mereka memang membutuhkan untuk mempublikasi artikel-artikel  ilmiah mereka di jurnal bereputasi internasional seperti IEEE ini, apalagi secara gratis karena apabila berbayar maka harus menyediakan uang sekitar 30 juta rupiah bahkan lebih tergantung harga jurnalnya. Semoga kedepannya diharapkan para vendor  langganan ITS akan lebih banyak menyediakan program-program semacam APC ini. (yag)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?