Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
16 Juni 2022, 14:06

WEBINAR SERIES 2 2022 : Peningkatan Integritas Akademik Publikasi Karya Ilmiah Bebas Plagiat

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Sebagai kelanjutan dari Webinar sebelumnya webinar series 2 kali ini mengambil tema  “Peningkatan Integritas Akademik Publikasi Karya Ilmiah Bebas Plagiat”. Banyak pertanyaan yang sering diajukan oleh  pemustaka terkait :  Mengapa integritas akademik dalam menghasilkan karya ilmiah sangat penting bagi para akademisi?; Bagaimana melakukan publikasi karya ilmiah beretika yang bebas plagiat?; Bagaimana strategi dan teknik menulis parafrase, mengutip, dan referensi karya ilmiah untuk menghindari plagiarisme?

Diselenggarakan pada hari Kamis (16/6/22) webinar ini dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB, dihadiri lebih kurang 250 partisipan dari berbagai kalangan terutama Sivitas Akademika ITS, Peneliti, Pustakawan dan Masyarakat Pemerhati Perpustakaan.

Webinar ini bertujuan untuk menambah khasanah pengetahuan para sivitas akademika ITS dan masyarakat umum, khususnya mahasiswa ITS terkait pentingnya integritas akademik publikasi karya ilmiah yang bebas plagiat kepada mahasiswa. Di samping itu, webinar ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan (skill) tentang strategi dan teknik menulis paraphrase, mengutip, dan referensi karya ilmiah untuk menghindari plagiarisme.

Narasumber yang kompeten di bidangnya dan telah menghasilkan berbagai artikel dalam jurnal-jurnal ilmiah membagikan pengetahuannya terkait Publikasi Karya Ilmiah yang  Bebas dari Plagiat. Mereka adalah :  1. Daniel O. Siahaan, S.Kom., M. Sc, PD.Eng. (Kepala Publikasi Ilmiah ITS, Peneliti, dan Dosen di Departemen Teknik Informatika, ITS); dan Untung Yuwono (Ketua Program Studi Indonesia FIB UI,Peneliti, dan Dosen di Departemen Linguistik, FIB UI).

Pembukaan pada awal acara dipandu oleh MC Eva Mursidah (Pustakawan ITS) dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Hymne ITS, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Kepala Perpustakaan, Edy Suprayitno, SS, M.Hum., selanjutnya sambutan  Bapak Direktur Pascasarjana & Pengembangan Akademik ITS, Prof. Dr.rer.pol. Heri Kuswanto, M.Si., sekaligus membuka acara webinar secara resmi,  “ Saya senang dan terbantu oleh perpustakaan dan saya bangga karena perpustakaan telah konsisten dalam menyelenggarakan acara yang bermanfaat bagi mahasiswa khususnya mahasiswa pascasarjana” demikian ujar profesor yang pernah menjadi guru besar termuda ITS tahun 2021 lalu. Sesi foto bersama dilakukan setelah Profesor Heri menyampaikan kata-kata sambutannya.

Dengan dipandu oleh Moderator Mizati Dewi Wasdiana, S.Hum. (Pustakawan ITS) dapat disimpulkan  Inti dari Paparan dan Diskusi Webinar adalah memberikan wawasan terkait pentingnya integritas akademik publikasi karya ilmiah yang bebas plagiat bagi mahasiswa dan membekali mereka dengan teknik menulis paraphrase, mengutip, dan referensi karya ilmiah agar terhindar dari plagiarisme. Memberikan tips dan trik menghindari plagiarisme dalam publikasi karya ilmiah yang akan dan sedang dilakukan oleh mereka.(yag)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?