Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
14 Mei 2022, 08:05

WEBINAR SERIES 1 2022 “Tips and Structure Guide: From Theses To Publishable Articles In Reputable Journal”

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Webinar dengan tema “Tips and Structure Guide: From Theses To Publishable Articles In Reputable Journal, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Perpustakaan ITS Tahun 2022, yakni Learning & Innovation Event-ITS Library yang bertujuan untuk mendukung upscaling skills mahasiswa, baik pada pemahaman pembelajaran akademik (khususnya academic writing) maupun pada pemahaman kemampuan berinovasi.

Diselenggarakan pada hari Kamis (12/5/22) webinar ini dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB, dihadiri lebih kurang 200 partisipan dari berbagai kalangan terutama Sivitas Akademika ITS, Peneliti, Pustakawan dan Masyarakat Pemerhati Perpustakaan. Webinar ini terselenggara berkat kerjasama Perpustakaan ITS dan ISIPII (Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia). Hadir pula perwakilan dari ISIPII Cahyo Trianggoro – Sekjen ISIPII – BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)

Tujuan dari webinar adalah untuk menambah khasanah pengetahuan para mahasiswa ITS pada tips dan strategi bagaimana menulis artikel jurnal ilmiah dari laporan penelitian studi mereka yang sesuai kaidah kepenulisan dan dapat menembus terbitan jurnal bereputasi internasional . Menghadirkan 2 (dua) narasumber yang kompeten dalam membagikan ilmu terkait skills dan pengalamannya dalam menulis artikel-artikel pada jurnal bereputasi internasional. Adapun 2 Narasumber tersebut adalah Prof. Dr.rer.pol. Heri Kuswanto, M.Si (Peneliti, Dosen diDepartemen Statistik dan Direktur Pascasarjana & Pengembangan Akademik, ITS) dan  Dr.Eng. Sunu Wibirama, S.T., M.Eng. (Peneliti dan Dosen di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, UGM). Moderator webinar kali ini adalah Pustakawan dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia),  Ibu Dian Arya Susanti, S.Sos, MT.

Acara diawali dengan pembukaan dan berdoa bersama dipandu oleh MC Yeni Gonti  (Pustakawan ITS), kemudian mendengarkan lagu Indonesia Raya serta lagu hymne ITS, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Kepala Perpustakaan, Edy Suprayitno, SS, M.Hum., selanjutnya sambutan  Bapak Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Bapak Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto, M.T., sekaligus membuka acara webinar secara resmi. Sesi foto bersama dilakukan setelah Profesor Adi menyampaikan kata-kata sambutannya.

Dari Paparan dan Diskusi dalam Webinar yang luar biasa ini intinya adalah banyak wawasan baru yang bisa diperoleh,  Kita jadi tahu betapa pentingnya publikasi di jurnal internasional dan  lebih mudah menentukan jurnal-jurnal mana yang sesuai bagi penelitian yang kita lakukan baik jurnal nasional maupun internasional, sekaligus memperoleh tips dan trik menulis artikel dan bagaimana supaya artikel/penelitian kita (terutama dari laporan penelitian ataupun tugas akhir yg sudah dilakukan) bisa tembus di jurnal bereputasi internasional.

Banyak pertanyaan yang diajukan oleh partisipan saat Diskusi berlangsung, namun yang terpenting adalah  Closing statement dari kedua Narasumber, pertama hendaknya kita harus pede (Percaya Diri) dengan hasil karya kita sendiri untuk mengirimkannya ke jurnal-jurnal bereputasi tinggi, kedua  naikkan standar riset kita dengan membaca atau mencari sumber-sumber referensi yang high quality, setelah itu baru melakukan prosesnya.(yag)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?