Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
04 Januari 2022, 14:01

Terakreditasi A Perpustakaan ITS Berusaha Menjadi Yang Terbaik

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Luar Biasa dan Membanggakan! Perpustakaan ITS Surabaya kembali mengukir prestasi dengan memperoleh akreditasi A dalam Re-Akreditasi yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI. Sebelumnya perpustakaan ITS telah memperoleh Akreditasi A pada tahun 2015 yang juga dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Masa penilaian Akreditasi ini dilakukan pada tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 November 2021 menggunakan data yang sudah dipersiapkan secara keseluruhan selama beberapa bulan kebelakang. Proses penilaian dilakukan secara peninjauan langsung oleh 2 Asesor  Perpustakaan Nasional RI.

Berdasarkan evaluasi lembaga akreditasi perpustakaan nasional menetapkan bahwa perpustakaan ITS ini menunjukkan kesesuaian terhadap standar nasional perpustakaan dengan nilai predikat akreditasi A.

Penilaian tersebut berdasarkan pada beberapa komponen. Mulai dari  komponen koleksi, komponen Sarana dan Prasarana, komponen Pelayanan Perpustakaan, Komponen Tenaga Perpustakaan , Komponen Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan  dan terakhir adalah komponen Penguat. Sedangkan aspek yang dinilai meliputi aspek manajemen, SDM, konten atau bukunya, sarana dan prasarana perpustakaan. Termasuk jejaring dengan perpustakaan perguruan tinggi lain, perpustakaan daerah, maupun nasional.

Bagaimana mahasiswa memanfaatkan perpustakaan itu juga merupakan salah satu aspek yang dinilai , termasuk juga berbagai kegiatan  literasi yang ada, baik yang melibatkan mahasiswa, dosen , peneliti , maupun masyarakat sekitar perpustakaan. Bagaimana mempromosikan perpustakaan dan semua  yang sudah dilakukan oleh Perpustakaan  adalah menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk penilaian akreditasi ini.

Oleh karena itu diharapkan Perpustakaan dapat menjaga dan meningkatkan prestasi yang sudah dicapai ini untuk kembali dinilai lima tahun mendatang dan perpustakaan ITS selalu berusaha menjadi yang terbaik…Perpustakaan!!! Cinta ITS. (yag)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?