Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
25 Juli 2019, 14:07

Universitas Jendral Soedirman lakukan Benchmarking ke Perpustakaan ITS terkait pengelolaan koleksi digital

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi dan budaya serta peningkatan kebutuhan pemustaka khususnya di lingkungan Perpustakaan Perguruan Tinggi menuntut segala aspek mengikuti perkembangan yang ada, salah satunya adalah terkait koleksi atau bahan pustaka. Kini buku (hardcopy) bukan lagi icon utama sebuah perpustakaan, e-book nyatanya kini lebih diminati pengguna karena dinilai lebih praktis dan lebih efisien.

Terkait fenomena tersebut, Universitas Jendral Soedirman lakukan Benchmarking ke Perpustakaan ITS guna untuk meningkatkan kemampuan mereka serta menambah wawasan terkait bagaimana prosedur pengadaan koleksi digital, serta cara mengelola dan menditribusikan ke pemustaka agar koleksi tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Menjawab kebutuhan informasi tersebut, Edy Suprayitno SS.M.Hum selaku Kepala Perpustakaan ITS turut mengundang koordinator IT, Koordinator Layanan, dan Koordinator pengolahan. Guna menjelaskan secara mendetail baik secara teori, teknis, maupun berbagai rencana ke depan yang akan diterapkan.

“ kami sangat senang bila bisa berbagi kebermanfaatan terlebih untuk kemajuan pendidikan, karena dalam kesempatan ini kami mempersilahkan rekan-rekan dari Universitas Jendral Soedirman jika ingin menggali informasi sebanyak-banyaknya di sini”. Ungkap Pak Edy sebelum mengawali forum diskusi.

Tidak hanya terkait koleksi digital, Rekan-rekan dari Universitas Jendral Soedirman tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Karenanya mereka juga berusaha menggali informasi yang lain.

“lantas seperti apa manajemen di sini terkait Perpustakaan pusat dan Ruang Baca? Apakah ada wacana untuk di intergrasikan?. Dan terkait budaya pemustaka, upaya apa yang dilakukan Perpustakaan ITS untuk tetap bisa menjangkau generasi millennial”. Ungkap Djoko Prasetyo, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jendral Soedirman – Purwokerto.

Diskusi yang dimulai pukul 09.00 wib tersebut berlangsung hidup dan seluruh peserta aktif memberikan pendapat maupun pencerahan baru. Sehingga Perpustakaan ITS berharap apa yang dicari oleh rekan-rekan Universitas Jendral Soedirman sudah bisa didapatkan. Karena memang pada hakikatnya sebuah perpustakaan yang ingin berkembang tidak bisa hanya mengandalkan kekuatan sendiri namun harus membangun kemitraan serta memperkuat dan memperluas jaringan. (nrl)

Berita Terkait

  • Jam Buka Perpustakaan

    Halo Siva ITS Mulai Bulan September 2022 ini Perpustakaan ITS Memiliki Jadwal jam Buka Yang Baru: Senin-Kamis : 07.30

    25 Juli 2019, 14:07
  • Open House Perpustakaan ITS 2022

      Alhamdulillah, Rangkaian Kegiatan Open House Perpustakaan ITS 2022 telah selesai dilaksanakan semoga apa yang sudah diberikan perpustakaan bermanfaat

    25 Juli 2019, 14:07
  • Kuis Online – Emerald

    Our quiz covers 6 easy questions and the answers can be found by following below instruction: How to join:

    25 Juli 2019, 14:07
  • Selamat Datang Mahasiswa Baru ITS 2022

    Hallo maba siva ITS, di Perpustakaan banyak lho Layanan dan Fasilitasnya, Yuuk berkunjung ke Perpustakaan, Kami Tunggu yaaa….. “ITS

    25 Juli 2019, 14:07
Send Message
Hello,
You Need Help?