DIRPENDIK

DIREKTORAT PENDIDIKAN

Program Sarjana Terapan

Sebagai Perguruan Tinggi dengan status berbadan hukum (PTN-BH) maka ITS pada tahun 2019 telah menetapkan pembukaan 7 (tujuh) Program Studi Sarjana Terapan (Diploma Empat) di lingkungan Fakultas Vokasi (FV) sebagai berikut:

  1. Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air;
  2. Teknologi Rekayasa Manufaktur;
  3. Teknologi Rekayasa Konversi Energi;
  4. Teknologi Rekayasa Otomasi;
  5. Teknologi Rekayasa Kimia Industri;
  6. Teknologi Rekayasa Instrumentasi; dan
  7. Statistika Bisnis

Selain 7 (tujuh) Program Studi baru di atas, di ITS telah ada Program Studi Sarjana Terapan (Diploma Empat) Teknik Sipil, yang sudah terakreditasi B. Program Studi ini akan bertransformasi menjadi Program Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil (TRPPBS), mengikuti Kepmen Ristekdikti Nomor 57/M/KPT/2019 tentang nama Program Studi di Perguruan Tinggi dan Keputusan Dirjen Belmawa Nomor 46/B/HK/2019 tentang Daftar Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi.

Sesuai dengan Perpres No. 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Surat Edaran Mendikbud No. 498/E/T/2011 bahwa lulusan program Sarjana Terapan (Diploma Empat) setara dengan lulusan program S1, dengan beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun. Bila program S1 merupakan program pendidikan akademik dan berorientasi pada pengembangan ilmu, maka program Sarjana Terapan merupakan pendidikan yang berorientasi pada penerapan ilmu dengan tujuan utama menyiapkan lulusannya agar mempunyai kompetensi siap kerja. Lulusan program ini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T) untuk prodi di bidang teknologi dan Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat) untuk prodi di Statistika Bisnis.

Program pendidikan Sarjana Terapan terdiri dari 40% untuk kegiatan yang bersifat teoritis dan 60% untuk kegiatan yang berupa praktek, seperti antara lain responsi, asistensi, praktek di laboratorium dan/atau lapangan, serta magang kerja selama 1 semester, baik di dalam maupun di luar negeri. Kurikulum ini sangat sesuai untuk lulusan SMU/MA/SMK yang lebih menyukai hal-hal yang bersifat terapan atau aplikatif dan ingin langsung bekerja setelah menyelesaikan studinya.

Pilihan Prodi

Pilihan program studi pada Seleksi Masuk ITS-Program Sarjana Terapan tahun akademik 2020/2021 terdiri dari 8 (delapan) Prodi Sarjana Terapan sebagai berikut:

  1. Teknik Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil);
  2. Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air;
  3. Teknologi Rekayasa Manufaktur;
  4. Teknologi Rekayasa Konversi Energi;
  5. Teknologi Rekayasa Otomasi;
  6. Teknologi Rekayasa Kimia Industri;
  7. Rekayasa Teknologi Instrumentasi; dan
  8. Statistika Bisnis
DIRPENDIK > Vokasi