Experience more on Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan
Image

TENTANG KAMI

Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan ITS berkomitmen mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan energi dan keberlanjutan energi di Indoensia. Tujuan ini sesuai dengan Kebjakan Energi Nasional yang tertuang dalam Buku Putih Kebijakan Energi Tahun 2005-2025 maupun dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang tertuang dalam PP. No. 22 Tahun 2017 tentang Kebijakan Energi Tahun 2016-2050.

Dalam pengelolaan energi, Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan ITS mengedepankan prinsip berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan. Hal ini dilakukan agar kemandirian energi dan ketahanan energi nasional dapat terwujud. Pilar utama yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan ITS adalah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan: Intensifikasi Energi, Diversifikasi Energi dan Konservasi Energi.

Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan ITS turut berkontribusi mempercepat pengembangan energi terbarukan di Indonesia, di antaranya adalah mendirikan Pusat Konservasi Energi, menaikkan harga BBM dan listrik atau mengurangi subsidinya, serta memperkuat kapasitas institusi dan sumberdaya manusia terkait pembangunan energi. Inovasi ITS pada energi ramah lingkungan berasal dari air, bayu, panas bumi, arus dan gelombang laut, solar cell, hingga biomassa.

Pusat studi ini mempunyai fungsi :

  • Melaksanakan penelitian/pengabdian kepada masyarakat yang bersifat lintas bidang ilmu atau lintas-departemen
    Mendayagunakan dan mengembangkan kemampuan tenaga ahli dari dalam dan luar ITS.
  • Melaksanakan sistem penjaminan dan pengendalian kualitas penelitian/pengabdian kepada masyarakat.
  • VISI DAN MISI

    Visi Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan mengacu pada visi penelitian dari ITS adalah “berperan secara aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang lingkungan dan infrastuktur melalui kegiatan penelitian yang berkualitas internasional”.

    Misi Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan adalah :

    1. Menghasilkan penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang energi berkelanjutan berstandar internasional.
    2. Menjalin kerjasama penelitian dan publikasi dalam bidang energi berkelanjutan dengan mitra dari dalam dan luar negeri.
    3. Memfasilitasi pengguna layanan jasa konsultasi dalam mengindentifikasi dan menganalisa masalah di bidang energi berkelanjutan untuk menghasilkan alternatif pemecahan yang teruji.
    4. Menghasilkan pemikiran dan kebijakan praktis dalam bidang energi berkelanjutan.

    PETA JALAN

    Peta jalan Pusat Studi Energi Berkelanjutan ITS Tahun 2020-2024 disusun untuk memfasilitasi dan mengakomodasi SDM peneliti berbagai bidang energi di ITS serta menyelaraskan kebutuhan penelitian dan pengabdian masyakat jangka panjang dengan arah pembangunan nasional dan arah pengembangan ITS untuk berkontribusi menjawab persoalan energi secara Nasional. Peta jalan Pusat Energi Berkelanjutan ITS Tahun 2020-2024 menjadi penting karena bisa memfokuskan topik-topik penelitian bidang energi yang mempunyai cakupan disiplin cukup luas dan bersifat global sehingga membutuhkan perencanaan sektoral untuk mengintegrasikan langkah-langkah yang terpadu dan terintegrasi antar departemen, Unit, dan Lembaga di ITS supaya dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaannya. Kami berharap peta jalan penelitian Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan bisa dimanfaatkan untuk memfasilitasi anggota peneliti ITS menjadi guideline riset bidang Energi Berkelanjutan supaya bisa menghasilkan luaran yang berkontribusi secara Nasional dan berdampak Internasional.

    PRODUK DAN LAYANAN

    Pemetaan potensi energi fosil dan energi terbarukan
    Studi Kelayakan dan DED/FEED equipment energi dan pembangkit energi fosil dan energi terbarukan

     

    Pelaksaanan survey, audit, dan analisis energi (kebijakan, pasar, bisnis, dan ekonomi)

     

    Pemilihan dan disain teknologi/system energi fosil dan energi terbarukan

     

    Jasa konsultasi bidang Kelistrikan, diantaranya: Power System Analysis, Perencanaan dan evaluasi system distribusi-Transmisi, Perencanaan Filter Harmonics, Proteksi Petir, Pemasangan Capasitor di Industri, Arc Flash Hazard, evaluasi system Proteksi, dan assessment peralatan Listrik

     

    Pendampingan pengembangan energi berkelanjutan

    BERITA TERBARU

    INFORMASI

    TIM PAKAR

    Prof. Dr. Ir. Tri widjaja, M. Eng

    Kepala Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan

    Dr. Melania Suweni Muntini, M.T.

    Wakil Kepala Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan

    TOPIK RISET UNGGULAN

    Diversifikasi Energi

    1. Penelitian, pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan untuk untuk bauran energi nasional dan penyediaan listrik di daerah terpencil dan pulau-pulau kecil.
    2. Penelitian, pengembangan dan implementasi energi baru dan terbarukan untuk peningkatan ekonomi pada industri, instansi dan masyarakat/komunitas.
    3. Penelitian dalam bidang material dan power elektronika untuk meningkatkan kontribusi komponen kandungan lokal dalam pengembangan integrasi energi baru terbarukan.
    4. Pemanfaatan limbah untuk energi (waste to energi) untuk penyediaan listrik industri, instansi dan masyarakat.
    5. Pengembangan Thermoelektrik sebagai sumber energi alternatif

    Intensifikasi Energi

    1. Pengembangan Enhancement Oil Recovery (EOR) sebagai upaya peningkatan cadangan minyak terbukti.
    2. Pemanfaatan energi berbasis Bio sebagai peyedia energi pengganti energi fosil.
    3. Pemanfaatan sungai dan kanal sebagai sumber energi hidrokinetik.
    4. Pemanfaatan pantai/laut dan sungai sebagai lokasi penyediaan PLTS.
    5. Pemetaan sumber-sumber energi baru dan terbarukan, serta cadangan energi fosil.

    Konservasi dan Manajemen Energi

    1. Pengembangan metode dan skema kepakaran dalam pelaksanaan konservasi energi, dan manajemen energi pada Gedung komersial dan industri.
    2. Pengembangan skema, metode, dan analisis teknis/ekonomis pelaksanaan konservasi energi dan manajemen energi untuk tujuan profitabilitas bagi industry dan pengelola bangunan komersial.
    3. Pengembangan teknologi penunjang IoT dan smart grid untuk konservasi energi dan manajemen energi.

    PORTOFOLIO

    Beberapa Kerja Sama Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan

    MITRA AKTIF