News

Gerakan Pengabdian Masyarakat 1.000 Digital Marketing Usaha Ultra Mikro Mendukung SDGs melalui Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Sen, 21 Jul 2025
1:16 pm
Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Direktur DRPM ITS, Fadlilatul Taufany, ST., Ph.D. memberikan pembekalan kepada mahasiswa KKN Digital Marketing

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) resmi membuka Pelatihan Mentor Bisnis-Pembekalan Mahasiswa KKN Pengabdian Masyarakat (Abmas) Gerakan 1.000 Digital Marketing Usaha Ultra Mikro (UMi). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, 15-16 Juli 2025 di Ruang Sidang DRPM Gedung Research Center Lantai 5. Pembekalan mahasiswa KKN ini diikuti oleh mahasiswa yang telah mandaftar dan terpilih menjadi peserta KKN Digital Marketing. Pelatihan mentor bisnis-Pembekalan mahasiswa KKN Digital Marketing dibuka oleh Kasubdit Pengabdian kepada Masyarakat DRPM, Prof. Dr. Nurul Jadid, S.Si., M.Sc. Nurul Jadid menyampaikan apresisasi dan terima kasih kepada mahasiswa yang telah bersedia mengikuti Abmas Digital Marketing. Saat ini adalah libur kuliah, tapi kalian bersedia hadir dan mengikuti pelatihan dan pembekalan KKN ini. Ini adalah sebuah pengabdian yang luar biasa. Mahasiswa KKN Digital Marketing akan mendampingi pelaku usaha ultra mikro (UMi) dalam pemasaran digital. Kalian membawa nama ITS ketika sudah di lapangan. Jaga nama baik ITS selama kegiatan mendampingi UMi. Lokasi KKN Digital Marketing di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik. Mahasiswa KKN adalah ujung tombak pendampingan pelaku usaha ultra mikro (UMi). Pelatihan ini dilaksanakan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis sebagai mentor bisnis agar mampu mendampingi UMi dalam aspek menentukan keunggulan produknya, mampu menghitung HPP, mampu menentukan harga jual yang kompetitif, mampu membuat foto, video, dan brosur promosi produk, serta mampu mendampingi UMi dalam memanfaatkan media digital untuk pemasaran produknya. Abmas Digital Marketing ini melibatkan 25 dosen pendamping dan 40 mahasiswa dari berbagai Departemen/Fakultas di ITS.

Kasubdit Pengabdian kepada Masyarakat DRPM, Prof. Dr. Nurul Jadid, S.Si., M.Sc. menyampaikan sambutan pembukaan Pembekalan Mahasiswa KKN Digital Marketing

Pelatihan mentor bisnis-Pembekalan mahasiswa KKN Digital Marketing dilaksanakan dengan menghadirkan dosen/narasumber pilihan. Modul yang diajarkan terdiri dari 4 modul. Yaitu modul 1 (satu) Peningkatan kapasitas SDM UMi, modul 2 (dua) Peningkatan ketrampilan UMi, modul 3 (tiga) Akselerasi digital, dan modul 4 (empat) Akselerasi marketing digital.

Abmas Digital Marketing memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDG’s), diantaranya sebagai berikut:

  1. SDGs 1 (Tanpa Kemiskinan) melalui peningkatan pendapatan UMi.
  2. SDGs 2 (Mengakhiri Kelaparan) dengan adanya pendapatan yang baik, kebutuhan pokok makanan mudah dipenuhi.
  3. SDGs 5 (Kesetaraan Gender) dengan secara khusus memberdayakan perempuan pelaku UMKM yang mendominasi sektor ultra mikro.
  4. SDGs 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) melalui penciptaan lapangan kerja baru dan peningkatan produktivitas UMKM
  5. SDGs 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur) dengan mendorong inovasi dalam pengembangan produk dan pemasaran digital.
  6. SDGs 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab) melalui penerapan praktik bisnis berkelanjutan termasuk penggunaan kemasan ramah lingkungan.
  7. Terakhir, melalui kolaborasi antara akademisi (ITS), pemerintah, dan pelaku usaha, program ini menjadi perwujudan konkret dari SDGs 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan) dalam membangun ekosistem UMKM yang berkelanjutan.

Kasubdit Abmas, Prof. Dr. Nurul Jadid, S.Si., M.Sc., Kepala Pusdi PDPM, Dr. Sutikno, M.Si., Dosen SP, Deti Rahmawati, S.IP. MT., Kabag TU dan Keuangan, Lilik Chudaifah, S.Si., M.Si., Kasubbag Perbendaharaan dan Pelaporan, Indri Meilani, S.I.Kom., M.MT., staf PDPM, dan mahasiswa KKN Digital Marketing.

Di hari pertama pelatihan ini, terdapat 2 materi yan disampaikan oleh narasumber yang ahli dalam bidangnya. Pertama materi terkait Peningkatan kapasitas UMi, yang disampaikan oleh Dosen Departemen Studi Pembangunan, Deti Rahmawati, S.IP., MT. Materi ini berfokus pada peningkatan keterampilan mentor dalam mendampingi UMi bagaimana UMi menentukan keunggulan produknya dengan metode marketing mix 4P, produk, price, promotion, dan place. Selanjutnya materi kedua mengenai teknik foto, video, dan desain dalam pemasaran produk disampaikan oleh Dosen Departemen Manajemen Bisnis Sri Yayu Ninglasari, S.E., M.SEI. Materi ini memberikan pemahaman mendalam tentang peran visual dalam pemasaran digital, termasuk teknik fotografi dan videografi sederhana menggunakan smartphone, desain grafis untuk promosi produk dengan aplikasi Canva, hingga sinergi antara foto, video, dan desain untuk menciptakan kampanye pemasaran yang efektif.

Beberapa peserta pelatihan, seperti Selfi Alfiatulisaini Mahmudah dan Salsabila Nuraini dari Manajemen Bisnis, memberikan feedback yang sangat positif terhadap pelatihan ini. Mereka mengungkapkan, “Pelatihan ini sangat insightful, karena meskipun sedang libur, kami mendapatkan materi yang sangat meningkatkan pemahaman kami. Selama pelatihan, suasana sangat nyaman, dan kami merasa terbantu untuk memahami berbagai aspek penting dalam mengembangkan UMKM. Harapan kami, dengan ilmu-ilmu yang didapat, kami dapat menerapkannya langsung pada UMi dan memberikan dampak yang signifikan bagi usaha ultra mikro yang ada di sekitar kami.”

 

Rep: Agnes Nathania Pramesty dan Haniya Harum Pekerti Regar.

Redaktur: Har.

Latest News

  • Dosen ITS Kembangkan Formula Alami untuk Dorong Produksi Kepiting Soka di Romokalisari

      Upaya meningkatkan produktivitas budidaya kepiting soka di kawasan pesisir Surabaya terus dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan pengabdian masyarakat

    31 Okt 2025
  • Gerakan Pengabdian Masyarakat 1.000 Digital Marketing Usaha Ultra Mikro Mendukung SDGs melalui Pemberdayaan Ekonomi Lokal

    Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) resmi membuka Pelatihan Mentor Bisnis-Pembekalan

    21 Jul 2025
  • ITS Siapkan Mahasiswa untuk Dampingi 1000 UMi dan UMKM

    Mengawali program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Masyarakat (Abmas) Prioritas bertajuk Gerakan 1000 Digital Marketing Usaha Ultra Mikro (UMi)

    21 Jul 2025