News

FGD Pola Konsumsi Petani Tembakau

Sab, 08 Jun 2024
6:30 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

FGD di Desa Sudo Kecamatan Sulang

Rembang-ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan focus group discussion (FGD) pola konsumsi makanan dan nonmakanan petani tembakau di Kabupaten Rembang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Juni 2024. FGD dilaksanakan di 5 desa, yaitu di Desa Kedungasem Kecamatan Sumber, Desa Sudo Kecamatan Sulang, Desa Sumbangrejo Kecamatan Pamotan, Desa Trembes Kecamatan Gunem dan Desa Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. FGD ini dihadiri oleh perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh Perempuan, tokoh pemuda dan tenaga kesahatan desa (bidan dan kader posyandu/kesehatan). Jumat 7 Juni 2024 FGD dilaksanakan di Desa Kedungasem dan Desa Sudo.

Tenaga Ahli Gizi Anisa Lailatul Fitria M.Sc. menyampaikan kepada peserta FGD bahwa PDPM ITS Surabaya sedang melaksanakan penelitian mengenai pengeluaran, pola konsumsi makanan dan konsumsi nonmakanan petani tembakau yang ada di Kabupaten Rembang. Kegiatan penelitian ini ada beberapa tahapan. Diantaranya adalah FGD ini. Tahap berikutnya adalah survei kepada responden rumah tangga petani tembakau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola konsumsi makanan dan konsumsi nonmakanan petani, khususnya petani tembakau. Pola konsumsi ini akan dijadikan patokan atau acuan menghitung pengeluaran petani dalam 1 tahun berapa? Pengeluan per bulan berapa. Informasi dari tokoh masyarakat dalam FGD ini sangat penting sebagai referensi surveyor ketika survei/wawancara ke responden rumah tangga. PDPM ITS berharap warga dapat menyampaikan informasi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Kades Kedungasem Bu Zulianah menyampaikan sambutan

Kegiatan penelitian pola konsumsi makanan dan konsumsi nonmakanan petani tembakau ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu pengentasan kemiskinan. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomor (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) mengakhiri kelaparan, tujuan nomer (3) kesehatan yang baik dan kesejahteraan, tujuan nomer (4) pendidikan bermutu, tujuan nomer (5) keseteraan gender, tujuan nomer (6) akses air bersih dan sanitasi, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Suasana FGD di Desa Kedungasem Kecamatan Sumber

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.