News

ITS dan Bappeda Litbang Tuban Menyusun Dokumen IW

Sel, 21 Mei 2024
10:45 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Presentasi Laporan Pendahuluan Penyusunan IW Tuban

Tuban-ITS. Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakar (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tuban Menyusun Dokumen Indeks Williamson (IW) Tahun 2023. Indeks Williamson (IW) adalah salah satu alat atau metode untuk mengukur ketimpangan antar wilayah (region). Ketimpangan wilayah adalah ukuran ketidakmerataan pembangunan yang terjadi dalam sebuah wilayah. Semakin kecil angka IW yang dihasilkan menunjukkan ketimpangan yang semakin kecil atau dapat dikatakan pembangunan merata. Jika angka IW yang didapat mendekati satu, maka ketimpangan semakin lebar. Hal tersebut disampaikan Kepal Pusat Kajian PDPM ITS Surabaya Dr. Sutikno, M.Si. dalam kegiatan presentasi laporan pendahuluan Penyusunan IW Kabupaten Tuban Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin 20 Mei 2024 di Ruang Rapat KH. Mustain Lantai 1 Kantor Bappeda Litbang Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan DPMPTSP, Diskopumdag, BPS Kabupaten Tuban, Dinsos, Disbudporapor, PUPR, DKP2P, Dukcapil, Disnakerin, Kantor Kecamatan Singgahan, Kantor Kecamatan Widang, Kantor Kecamatan Jenu, Kantor Kecamatan Semanding, Kantor Kecamatan Palang dan Bappeda Litbang Kabupaten Tuban.

Tujuan penyusunan IW Kabupaten Tuban Tahun 2023 adalah untuk mengetahui tingkat ketimpangan pembangunan antar wilayah di Kabupaten Tuban. Mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat level kecamatan di Kabupaten Tuban. Mengukur pertumbuhan aktivitas ekonomi level Kecamatan di Kabupaten Tuban baik secara sektoral maupun struktural. Mengevaluasi ketimpangan ekonomi antar wilayah di Kabupaten Tuban. Sebagai data dasar evaluasi dan perencanaan kebijakan pembangunan di bidang ekonomi Kabupaten Tuban.

Tim PDPM ITS Surabaya akan mengumpulkan data terkait elemen penyusun Indeks Williamson pada 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. Menganalisa dan mengevaluasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tiap kecamatan di Kabupaten Tuban. Menyusun laporan analisis dan evaluasi Indeks Williamson Kabupaten Tuban. Serta memberikan rekomendasi upaya-upaya perbaikan/percepatan pemerataan pembangunan di Kabupaten Tuban melalui strategi dan kebijakan penyusunan program yang tepat sasaran.

Diskusi penyusunan Dokumen IW Tuban

Kegiatan Penyusunan Dokumen Indeks Williamson Kabupaten Tuban Tahun 2023 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (2) tanpa kelaparan, tujuan (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (4) pendidikan berkualitas, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (11) kota dan pemukiman berkelanjutan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.