News

ITS, Rotary dan Pemda Membangun Fasilitas Air Bersih dan Sanitasi Warga

Sen, 20 Mei 2024
2:16 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

ITS, Rotary, Sanitarian, Kades dan Warga Marmoyo.

Jombang-ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rotary Club of Surabaya Metropolitan dan Pemerintah Kabupaten Jombang membangun fasilitas air bersih dan sanitasi rumah tangga warga Desa Marmoyo Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. ITS Surabaya dan Rotary Club of Surabaya Metropolitan berkomitmen untuk membantu warga yang membutuhkan khususnya di bidang air bersih dan sanitasi. Fasilitas air bersih yang dibangun adalah pengeboran sumur tanah sedalam 90 meter dan tandon air dengan kapasitas 20 m3. Fasilitas sanitasi rumah tangga yang dibangun adalah jamban sehat keluarga untuk warga kurang mampu. Demikian disampaikan Hendro Siswanto perwakilan Rotary Club of Surabaya Metropolitan dalam acara pelatihan dan peresmian fasilitas air bersih di Desa Marmoyo. Hendro Siswanto berharap bantuan yang diberikan dapat digunakan, dimanfaatkan dan dirawat warga. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh warga penerima manfaat di Desa Marmoyo, perwakilan Rotary Club of Surabaya Metropolitan dan perwakilan PDPM ITS Surabaya.

Kepala Desa Marmoyo Bu Sudarwati menyampaikam terima kasih dan akan terus mengingatkan warga untuk menggunakan, memanfaatkan dan merawat fasilitas air bersih dan sanitasi yang telah dibangun. Bu Sudarwati berharap kerja sama dan bantuan dari ITS dan Rotary Club of Surabaya Metropolitan dapat terus terjalin. Pemerintah Desa Marmoyo sudah menganggarkan dana untuk pipanisasi dari tandon air ke rumah-rumah warga. Anggaran ini sudah disetujui dan akan dicairkan pada tahun 2024. Harapannya warga Desa Marmoyo bisa segera mendapatkan manfaat dari fasilitas air bersih yang dibangun oleh Rotary Club of Surabaya Metropolitan.

Yasin Nur Alamsyah Hidayat Ali Samiaji Rotarian Rotary Club of Surabaya Metropolitan menyampaikan akan ada tindak lanjut kegiatan di Desa Marmoyo. Pemerintah Desa Marmoyo dimohon menyiapkan pemuda-pemudi desa sebanyak 5-10 orang untuk dibentuk sebagai kelompok pengelola sanitasi (KPS). KPS nanti akan dilatih oleh ITS dan Rotary Club of Surabaya Metropolitan dalam hal operasional dan perawatan fasilitas air bersih.

Sambutan dan Peresmian Bantuan Fasilitas Air Besih dan Sanitasi Warga

Kegiatan Pelatihan dan Supervisi Sanitasi Hidup Bersih dan Sehat ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu pengentasan kemiskinan dengan mewujudkan desa ODF/open defecation free (tidak ada yang buang air besar di sembarang tempat) dan desa akses air bersih 100%. Kegiatan ini juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) tanpa kemiskinan, tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) air bersih sanitasi layak dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har)

Bantuan Tandon Air untuk Warga Desa Marmoyo

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.