News

Tim ITS Menyampaikan Laporan Pendahuluan IKLI Kabupaten Kediri

Sel, 30 Apr 2024
9:07 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tim ITS menyampaikan laporan pendahuluan IKLI Kabupaten Kediri

 

Kediri-ITS. Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) menjadi ukuran dalam mengetahui tingkat kinerja pemerintah dalam pembangunan infrastruktur berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat dengan penilaian objektif, komprehensif dan kredibel, baik dalam aspek pembangunan fisik maupun aspek manfaat. Aspek penilaian mencakup ketersediaan fisik (availability), kualitas fisik (quality), kesesuaian (appropriateness), pemanfaatan (utility) dan penyerapan tenaga kerja (job creation), kontribusi terhadap perekonomian. Hal ini disampaikan Tim ITS dalam presentasi laporan pendahuluan penyusunan IKLI Kabupaten Kediri. Kegiatan presentasi ini dilaksanakan pada Hari Senin 29 April 2024 di Ruang Rapat Airlangga Disarpus Kabupaten Kediri. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Pekebunan, Balitbangda, PDAM, dan Bappeda Kabupaten Kediri. Tim Penyusun Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) Kabupaten Kediri dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Terdiri dari beberapa departemen sesuai dengan kompetensi dan keahliannya. Tim Penyusun yang hadir dalam presentasi adalah Dr. Sutikno, M.Si. tenaga ahli Departemen Statistika, Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic.Rer.Reg. tenaga ahli dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) serta para asiten tenaga ahli.

Kegiatan presentasi laporan ini dibuka Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kediri Dr. Ir. H. Moch. Saleh Udin, MM. didampingi Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan (Kabid IW) Imam Malik, ST., MAP. Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS Surabaya Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan kerangka kerja penyusunan IKLI Kabupaten Kediri. Meliputi identifikasi karakteristik kondisi empiris layanan infrastruktur, pengukuran IKLI, analisis prioritas atribut pelayanan infrastruktur dan perumusan rekomendasi kebijakan. Dr. Sutikno, M.Si. berharap dukungan dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang hadir untuk mendukung dan membantu penyusunan IKLI Kabupaten Kediri.

Suasana presentasi lapdal IKLI Kabupaten Kediri

 

Kegiatan Penyusunan Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) Kabupaten Kediri ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (6) akser air bersih dan sanitasi, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (10) mengurangi ketimpangan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.