News

FGD Penanganan Banjir Hulu-Hilir Kabupaten Tuban

Kam, 25 Apr 2024
9:02 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

FGD Penanganan Banjir Hulu-Hilir di Daerah Irigasi Kabupaten Tuban

 

Tuban-ITS. Rabu 24 April 2024 Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan ­focus group discussion (FGD) Penanganan banjir hulu-hilir di daerah irigasi (DI) Kedungdowo Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. FGD dilaksanakan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tuban. FGD ini dihadiri oleh perwakilan Cabang Dinas Kehutanan Wilayahan Bojonegoro, perwakilan Bappeda Litbang Tuban, perwakilan Dinas PUPR PRKP Tuban, perwakilan BPBD Tuban, perwakilan UPTD Dinas PUPR PRKP Kecamatan Singgahan, perwakilan PMD Kecamatan Montong, Kades Sumurgung, Kades Guwoterus, LMDH Sumurgung, Perum Perhutani KPH Tuban, Perum Perhutani KPH Parengan dan Tim PDPM ITS Surabaya. Tim PDPM ITS yang hadir dalam FGD adalah Ketua Tim Dr. Mahendra Andiek Maulana, ST., MT., tenaga ahli hidrologi Dr. A.A.Ngr. Satria Damarnegara, ST., MT., tenaga ahli manajemen konstruksi Cahyono Bintang Nurcahyo, ST., MT. dan asisten tenaga ahli.

Tim PDPM ITS Surabaya menyampaikan FGD ini adalah sebagai awalan dalam menyusun Dokumen Pra Feasibility Studi Penanganan Banjir Hulu-Hilir di Daerah Irigasi (DI) Kedungdowo Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Tim PDPM ITS Surabaya menyampaikan metode pelaksanaan kegiatan dan menerima masukan dari stakeholder terkait. Tim PDPM ITS akan mengidentifikasi penyebab banjir hulu-hilir di DI, menyusun rekomendasi alternatif penanganan banjir hulu-hilir di DI, dan menyusun rencana pembiayaan penanganan banjir hulu-hilir di DI (Daerah Irigasi) Kedungdowo Kecamatan Montong Kabupaten Tuban.

Peserta FGD Penangan Banjir

 

Kegiatan FGD Penanganan Banjir Hulu-Hilir di Daerah Irigasi (DI) Kedungdowo Kecamatan Montong Kabupaten Tuban ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (6) akses air bersih dan sanitasi, tujuan nomer (9) infrastruktur, industri dan inovasi, tujuan nomer (11) kota dan komunitas yang berkelanjutan, tujuan nomer (13) penanganan perubahan iklim, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.