News

Banyak Ragam Komunitas Kearifan Lokal Kota Probolinggo

Sen, 01 Apr 2024
11:39 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tim ITS menyampaikan Presentasi Laporan

 

Kota Probolingo-ITS. Komunitas kearifan lokal Kota Probolinggo banyak ragam dan jenisnya. Hal ini disampaikan oleh Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam laporan antara Studi Penilaian Kebutuhan Komunitas Guna Penguatan dan Pelestarian Kearifan Lokal di Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya di Kota Probolinggo. Tim PDPM ITS menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan presentasi laporan antara pada Hari Senin 1 April 2024 di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemerintah Kota Probolinggo. Laporan antara ini untuk menunjukkan progres capaian survei, pengolahan data sementara dan rencana tindak lanjut kegiatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Penyusun ITS dan perwakilan kantor kecamatan, Bakesbangpol, Dispora, DLH dan Dinas Pendidikan. Tim ITS terdiri dari Ketua Tim Dr. Sutikno, M.Si. dari Departemen Statistika ITS, Tenaga Ahli Sosial Humaniora Dr. Soedarso, M.Hum. dari Departemen Studi Pembangunan ITS, asisten peneliti dan surveyor.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan sampai saat ini capaian survei kepada Ketua RT mencapai 85%. Ketua RT yang sudah disurvei sebanyak 860 dari total 1.029 RT yang ada di Kota Probolinggo. Rata-rata dalam 1 RT terdapat 2-3 komunitas kearifan lokal. Responden komunitas kearifan lokal yang sudah disurvei dan dientri datanya sebanyak 1.772 responden. Sampai saat ini, surveyor masih melaksanakan survei. Beberapa kendala yang dialami surveyor adalah cuaca hujan, Ketua RT susah ditemui karena kesibukan kerja dan adanya Ketua RT yang sedang merantau di luar kota. Untuk Ketua RT yang susah ditemui, Tim ITS meminta bantuan dari Bakesbangpol Kota Probolinggo untuk memfasilitasi. Tim ITS meminta masukan dan verifikasi kepada peserta apabila ada komunitas kearifan lokal yang belum sempat teridentifikasi. Surveyor ITS akan turun lagi untuk survei. Rencana kegiatan berikutnya adalah menyelesaikan survei, pengolahan data dan FGD di akhir April atau Awal Mei 2024.

Presentasi Laporan Antara Studi Penilaian Kebutuhan Komunitas Kearifan Lokal Kota Probolinggo

 

Kegiatan Studi Penilaian Kebutuhan Komunitas Guna Penguatan dan Pelestarian Kearifan Lokal di Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya di Kota Probolinggo ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan, tujuan nomer (11) kota dan pemukiman yang berkelanjutan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Diskusi dalam presentasi laporan

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.