News

Laporan IKUPD Kota Mojokerto Tahun 2024

Rab, 27 Mar 2024
11:12 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Presentasi laporan IKUPD Kota Mojokerto

 

Selasa 26 Maret 2024, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan kegiatan presentasi laporan pendahuluan Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah (IKUPD) Kota Mojokerto Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. Kegiatan ini dihadiri oleh Dispendik, DLH, BPKPD, BPS, Dinkes, DPMTPSPNAKER, Bappedalitbang, DPUPR Perkim, DINSOSP3A dan Satpol PP Kota Mojokerto.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan bahawa IKUPD adalah alat ukur kuantitatif pencapaian kinerja suatu kegiatan, program atau sasaran dan tujuan dalam bentuk keluaran (output), hasil (outcome), dampak (impact). IKUPD merupakan gambaran capaian visi dan misi Kepala Daerah (Walikota) dan Wakil Kepala Daerah (Wakil Walikota) terpilih. Capaian IKUPD perlu dievaluasi setiap tahun sebagai bahan dalam pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan, baik RPJPD, RPJMD maupun RKPD.

Metode analisis yang digunakan adalah statistika despkriptif, analisa korelasi dan analisa tren. Analisa statistika deskriptif adalah eksplorasi data berupa ukuran penyebaran dan ukuran pemusatan yang disajikan dalam bentuk tabel, dan grafik. Ukuran pemusatan berupa nilai rata-rata, sedangkan ukuran penyebaran berupa nilai ragam. Analisa korelasi adalah identifikasi keeratan (hubungan) dua variabel/indikator atau lebih. Dikombinasikan dengan analisis data sekunder, keterkaitan ini dapat menjadi dasar penentuan faktor penentu keberhasilan dan faktor penghambat program kegiatan. Analisa tren adalah analisa untuk mendapatkan data proyeksi tahun mendatang. Menggunakan kecenderungan terkait waktu (internal) maupun dengan melibatkan faktor luar (eksternal), misalnya perbandingan dengan level provinsi atau nasional.

Peserta presentasi laporan IKUPD Kota Mojokerto

 

Kegiatan penyusunan Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah (IKUPD) Kota Mojokerto Tahun 2024 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) menghapus kelaparan, tujuan nomer (3) kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomer (4) Pendidikan berkualitas, tujuan nomer (5) kesetaraan gender, tujuan nomer (6) air bersih dan sanitasi layak, tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.