News

Presentasi RAD-PG Kabupaten Tuban

Sel, 26 Mar 2024
9:11 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Suasana Presentasi RAD-PG Tuban

 

Tuban-ITS. Senin 25 Maret 2024 Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan presentasi laporan pendahuluan penyusunan Dokumen Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) Kabupaten Tuban Tahun 2025-2029. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tuban. Tim ITS yang melaksanakan presentasi terdiri dari Ketua Tim Dr. Sutikno, M.Si. dari Departemen Statistika ITS, Tenaga Ahli Pertanian Dr. Ir. Hery Nirwanto, MP., Tenaga Ahli Kesehatan Masyarakat/Gizi Anisa Lailatul F., M.Sc., Tenaga Ahli Studi Pembangunan Yuni Setyaningsih, S.PKm., M.Sc. dan para asisten peneliti. Organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Tuban yang hadir adalah Bappedalitbang, Dinas Dukcapil, DLHP, Diskominfo, Disperindagkop, DPK2P, Dinkes, BPBD, dan Dispendik Kabupaten Tuban.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan Tim ITS dalam penyusunan RAD-PG. Tenaga Ahli dalam penyusunan Dokumen RAD-PG ini dari multi disiplin ilmu. Ada yang dari statistik, pertanian, kesehatan masyarakat/gizi dan studi pembangunan. Tujuannya agar penyusunan RAD-PG komprehensif dan faktual. Dr. Sutikno menyampaikan lingkup kegiatan penyusunan dokumen RAD-PG. Mulai dari menentukan kerangka konsep RAD-PG, mengidentifikasi kondisi dan tantangan pangan dan gizi, menentukan rencana aksi percepatan target pembangunan pangan dan gizi, termasuk strategi dan kebijakan dengan target sasaran yang jelas dan terukur serta terintegrasi dengan perencanaan pembangunan daerah. Tahap akhir adalah menentukan mekanisme pemantauan dan evaluasi RAD-PG. Dr. Sutikno, M.Si. berharap dukungan dari semua OPD dalam kegiatan ini. Terutama support data dari OPD teknis.

Peserta Presentasi RAD-PG Kabupaten Tuban

Kepala Bidang Perekonomian, SDA, Infrastruktur dan Kewilayahan Bappedalitbang Tuban Novi Yudianti, ST., MAP. menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Tim ITS. Dalam presentasi awal sudah full team. Ruang lingkup kegiatan dan metodologi yang disampaikan juga sangat lengkap dan komprehensif. Novi Yudianti berharap OPD yang hadir bisa bekerja sama dan support data kepada Tim ITS untuk menyelesaikan Dokumen RAD-PG. Dokumen RAD-PG ini seusai dengan Keputusan Menteri PPN / Kepala Bappenas No. 124/M.PPN/HK/20/2021 dan Surat Edaran Menteri PPN/Kepala Bappenas No. 4 Tahun 2021 tentang Penyusunan RAD-PG. Dasar ini yang mewajibkan semua Pemerintah Daerah mempunyai dokumen RAD-PG untuk menunjang pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi Kabupaten Tuban Tahun 2025-2029 ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (1) menghapus kemiskinan, tujuan nomer (2) menghapus kelaparan, nomer (12) konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Har).

Diskusi penyusunan RAD-PG Kabupaten Tuban

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.