News

Monev Survei Kearifan Lokal Kota Probolinggo

Sen, 25 Mar 2024
9:41 am
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Tim ITS dan Surveyor Kearifan Lokal Kota Probolinggo

 

Probolingo-ITS. Sabtu 23 Maret 2024 Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) survei Studi Penilaian Kebutuhan Komunitas Guna Penguatan dan Pelestarian Kearifan Lokal di Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya di Kota Probolinggo. Monev survei di laksanakan di Ombass Cafe Kota Probolingo. Kegiatan ini dihadiri oleh semua surveyor dan tim ITS. Tim ITS terdiri dari Ketua Tim Dr. Sutikno, M.Si. dan Wakil Kepala PDPM ITS Dr. Soedarso, M.Hum., dan asisten tenaga ahli Novianti Ika Sari, Sugiharto dan Cicilia Regita Cahyani. Monev survei ini membahas capaian target survei, tantangan dan kendala di lapangan, sharing best practice survei dan rencana tindak lanjut survei. Monev ini juga sebagai bagian dari quality control data. Sehingga data survei valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan kepada surveyor bahwa Tim ITS harus presentasi hasil survei kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Probolinggo pada awal April 2024. Maka akhir Maret 2024, survei harus sudah selesai, data sudah di-entri dan diolah. Dari proges yang sudah masuk, beberapa surveyor ada yang tidak sesuai target. Ada juga yang sesuai dan melebihi target.

Fatimah Zahro, satu diantara 15 surveyor, menyampaikan beberapa kendala ketika survei di lapangan. Ada kendala hujan, Ketua RT susah ditemui. Proses perizinan di kelurahan tidak ada kendala. Adanya surat tugas dan surat pemberitahuan dari Bakesbangpol sangat membantu.

Surveyor Hery Prastowo menyampaikan kendala utama adalah menemui Ketua RT. Sebagian besar Ketua RT adalah karyawan atau ASN. Untuk menemui Ketua RT harus janjian dulu. Biasanya di sore atau malam hari. Ini yang membuat banyak waktu yang terbuang. Karena harus menunggu ketemu Ketua RT dulu.

Surveyor Misbatul Iskhaq menyampaikan beberapa saran untuk mempercepat survei. Apabila tidak bisa menemui Ketua RT, bisa kontak dulu dan minta izin untuk tanya ke istri/suami Ketua RT. Meminta izin untuk survei kearifan local ke warga RT nya. Nanti bisa menemui Ketua RT di sore, malam atau waktu libur Sabtu dan Minggu.

Tim data Novianti Ika Sari menyampaikan kepada surveyor untuk melengkapi isian kuesioner. Kuesioner yang kurang lengkap akan divalidasi ulang ke surveyor. Mohon kerja sama surveyor untuk merespon dan melengkapi isian kuesioner.

Untuk mempercepat progres survei, surveyor yang sudah selesai akan membantu survei di kelurahan lain yang belum selesai. Terutama untuk kelurahan yang progresnya di bawah 50%. Pembagian survei antara surveyor akan dikoordinir Sugiharto. Apabila ada kendala survei, surveyor harus segera menyampaikan kepada Tim ITS. Agar dicarikan solusi bersama dengan Bakesbangpol Kota Probolinggo. Sehingga target survei sesuai waktu yang telah ditentukan.

Suasana monev survei kearifan lokal Kota Probolinggo

Kegiatan Studi Penilaian Kebutuhan Komunitas Guna Penguatan dan Pelestarian Kearifan Lokal di Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya di Kota Probolinggo ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintrah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan, tujuan nomer (11) kota dan pemukiman yang berkelanjutan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.