News

Sosialisasi SHS Kabupaten Blitar

Sen, 18 Mar 2024
2:07 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Kabid Aset BPKAD Kab. Blitar Ahmad Saik (kiri) dan Ketua PDPM ITS Dr. Sutikno menyampaikan sambutan

 

Blitar-ITS. Senin 18 Maret 2024 Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kabupaten Blitar melaksanakan kegiatan sosialisasi penyusunan Standar Harga Satuan (SHS) Tahun 2025. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Perdana Kantor BPKAD Kabupaten Blitar. Sosalisasi dihadiri oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), perwakilan kantor kecamatan dan tim penyusun SHS dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Ketua Tim Penyusun SHS adalah Dr. Sutikno, M.Si. dari Departemen Statistika ITS.

Kepala Bidang Aset BPKAD Kabupaten Blitar Ahmad Saik menyampaikan sosialisasi ini sebagai awal dari proses penyusunan SHS Kabupaten Blitar Tahun 2025. SHS Tahun 2025 akan digunakan sebagai acuan untuk menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Pemerintah Kabupaten Blitar Tahun 2025. Semua OPD harus menggunakan SHS sebagai acuan dalam menyusun program dan kegiatan Tahun 2025.

Suasana sosialisasi SHS Kabupaten Blitar

 

Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS Dr. Sutikno menyampaikan bahwa ITS sudah mendampingi beberapa pemerintah kota/kabupaten dalam menyusun SHS. Diantaranya Pemkab Mojokerto, Pemkab Tuban, Pemkot Mojokerto, Pemkab Banyuwangi, Pemkab Kapuas dan Pemkab Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah. ITS sebagai perguruan tinggi mempunyai kewajiban Tri Dharma. Yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. ITS membantu dan mendampingi pemerintah daerah sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tahapan penyusunan SHS adalah persiapan, pengumpulan data, preprosesing dan prosesing data serta penyusunan SHS. Pengumpulan data melalui survei. Penentuan harga SHS melalui simulasi harga dengan memperhatikan harga awal SHS, harga minimal, harga tengah dan harga maksimal dari hasil survei. ITS akan menerima masukan dan usulan OPD dalam proses penyusunan SHS. ITS akan memberikan form isian kepada OPD.

Kegiatan sosialisasi penyusunan SHS Kabupaten Blitar ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.