News

Laporan Penduhulan Penilaian Kebutuhan Kearifan Lokal

Kam, 22 Feb 2024
5:31 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Kota Probolingo-ITS. Kamis, 22 Februari 2024, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) laporan pendahuluan Studi Penilaian Kebutuhan (Need Assessment) Komunitas Guna Penguatan dan Pelestarian Kearifan Lokal di Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya di Kota Probolinggo. Kegiatan FGD dilaksanakan di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Probolinggo. Kegiatan ini adalah kerja sama Bakesbangpol Kota Probolinggo dengan PDPM ITS. FGD laporan pendahuluan dihadiri oleh Tim PDPM ITS, Staf Bakesbangpol Kota Probolinggo, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda), dan OPD dari beberapa kecamatan di Kota Probolinggo.

Kegiatan FGD ini untuk menyamakan persepsi mengenai studi yang akan dilaksanakan dan menerima masukan dari OPD. Kepala PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si. menyampaikan tujuan, metode, serta jadwal kegiatan. Studi ini akan dilakukan selama empat bulan dan dimulai sejak Februari 2024. Tim ITS akan melakukan survei ke semua Ketua Rukun Tetangga (RT) dan beberapa komunitas yang ada di RT. Komunitas dalam RT yang disurvei maksimal adalah 5 orang/komunitas. FGD ini dilakukan diskusi mengenai komunitas atau kelompok masyarakat apa saja yang akan dijadikan target survei. Beberapa OPD menyampaikan komunitas-komunitas yang ada di bawah naungannya. Beberapa ada yang masih eksis, beberapa kondisinya tidak aktif. Adanya studi ini bisa menjadi masukan bagi OPD untuk keberlangsungan komunitas binaan OPD.

Masukan dari Camat terkait teknis survei ke masyarakat. Bakesbangpol diminta untuk membuat surat pemberitahuan kepada kelurahan terkait rencana studi ini. Agar pihak kelurahan dapat menyampaikan ke warganya. Sehingga masyarakat tidak salah persepsi ketika ada surveyor yang datang ke rumahnya. Pihak kelurahan akan menyampaikan ke RT dan RT agar membantu pelaksanaan studi ini.

Kegiatan Studi Penilaian Kebutuhan (Need Assessment) Komunitas Guna Penguatan dan Pelestarian Kearifan Lokal di Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya di Kota Probolinggo ini selaras dengan peta jalan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu manajemen tata kelola pemerintah daerah. Kegiatan ini juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) / sustainable development goals (SDG’s) yaitu tujuan nomer (10) berkurangnya kesenjangan, tujuan nomer (11)  kota dan pemukiman yang berkelanjutan, dan tujuan nomer (17) kemitraan dalam mencapai tujuan. (Cil & Sgh).

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.